RSUD Soedarso Bentuk Tim Khusus Tangani Corona

TINJAU - Kadinkes Kalbar saat meninjau kesiapan ruang isolasi RSUD Soedarso Pontianak, Senin (27/1/2020). (ABDUL/insidepontianak.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Wakil Direktur 1 RSUD Soedarso, Saiful Bangun menjamin fasilitas medis untuk antisipasi penanganan pasien suspek Corona sudah disiapkan di rumah sakit rujukan tersebut.

“Pertama, kami siapkan tenaganya. Kami sudah siapkan Tim. Sebetulnya tim sudah lama ada. Semenjak kasus flu burung dulu. Tim itu terdiri dari dokter ahli,” jelas Saiful, Senin (27/1/2020).

Bacaan Lainnya

Dokter ahli yang disiapkan melibatkan dokter paru, dokter patologi klinik, dokter penyakit dalam, dan perawat yang sudah terlatih menangani pasien penyakit infeksi.

“Doker patalogi klinik, khusus untuk melakukan pemeriksaan kultur virusnya,” katanya.

Semua tim dibekali Alat Pelindung Diri (APD). Pengadaan APD memang cukup mahal, sehingga RSUD Soedarso dibantu oleh Dinas Kesehatan Provinsi untuk pengadaanya.

“Masker dan sarung tangan, sekali pakai langsung dibuang. Bajunya juga yang di dalam sekali pakai langsung dibuang,” ujarnya.

Selanjutnya, dalam penanganan pasien suspek Corona, tim medis yang sudah dibentuk juga dibekali dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam bekerja.

“Jadi, nanti kalau ada yang suspek, itu akan langsung kami masukkan ke ruang isolasi. Di ruang isolasi disiapkan empat tempat tidur,” ucapnya.

“Kalau kesadarannya (pasien suspek Corona) menurun, membutuhkan alat bantu pernafasan, maka pasien akan langsung dikirim ke ICU,” tambanya.

Di ICU RSUD Soedarso, saat ini telah disiapkan dua tempat tidur yang diisolasi khusus penanganan pasien dengan rekam medis penyakit menular.

“Jadi, semuanya sudah kami siapkan. Tetapi kami harap di Kalbar mudah-mudahan, tidak ada yang suspek,” harapnya.

Menurut Saiful, virus Corona memiliki masa inkubasi satu sampai 14 hari dalam menyerang kekebalan tubuh pasien yang tertular. “Setelah itu, virusnya mati,” pungkasnya. (IP-05)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *