Fasilitas Lengkap, Bus Damri Trayek Pontianak-Ketapang Resmi Beroperasi

RESMI BEROPERASI- Bus Damri trayek Pontianak-Ketapang resmi beroperasi. Bus ini menampung 39 penumpang. (Fauzi/Insidepontianak)

KETAPANG, insidepontianak.com – Perum  Damri resmi mengoperasionalkan bus trayek Pontianak-Ketapang (PP). Peluncuran rute baru tersebut dilakukan langsung oleh Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Ketapang, Heronimus Tanam, di halaman Rumah Dinas Bupati Ketapang, Selasa (28/1/2020).

Heronimus Tanam dalam sambutannya mengapresiasi pihak Damri. Bus ini menjadi salah satu alternatif transportasi untuk mempermudah masyarakat menuju Kota Pontianak dan jalur lain yang menjadi trayek Damri. Bila perlu ke depan dilakukan pengembangan rute antar kecamatan di Ketapang.

“Kita menyambut baik masuknya Damri ke Ketapang. Semoga ke depan Damri terus menambah rute yang dapat menjangkau seluruh kecamatan. Dengan demikian, maka masyarakat yang ingin bepergian semakin mudah,” ungkapnya.

Tanam juga mengingatkan Perum Damri agar mengutamakan pelayanan secra maksimal dan disiplin. Hal itu guna menjamin kenyamanan para pengguna layanan Damri sendiri.

“Untuk memberikan kenyamanan pada penumpang, tentunya harus disiplin dalam memberi layanan. Jangan sampai ada  penumpang liar yang akhirnya melebihi kapasitas bus,” pesannya.

“Kepada masyarakat dan perusahaan yang memiliki karyawan, saya mengimbau agar keberadaan Damri ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alat transportasi angkutan guna memudahkan jangkauan,” lanjutnya.

Sementara itu, Kabid Angkutan Darat, Dinas Perhubungan Kalbar, Untung Suarto menyebutkan, kebutuhan transportasi di Kalbar khususnya Ketapang, meningkat. Sehingga diperlukan sarana angkutan umum.

“Damri merupakan alternatif pilihan yang enak menuju Pontianak. Semoga Perum Damri dapat memberikan pelayanan terbaik serta bisa berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kalbar maupun Ketapang,” ucapnya.

Ia menambahkan, jika ke depan diperlukan penambahan rute, Dinas Perhubungan Ketapang tentu bisa langsung berkoordinasi ke Perum Damri.  “Jika ada jalur lintasan lain yang perlu, silahkan Dishub Ketapang koordinasi dengan Perum Damri,” tambahnya.

Sementara itu, General Manager Perum Damri Cabang Pontianak, Yulianto mengaku berkomitmen terus mengembangkan layanan transportasi. Dia menyebut, sejauh ini Perum Damri telah melayani di seluruh Kalbar yang kurang lebih terdapat 20 rute.

“Kita berharap Pemda Ketapang dapat membantu menyosialisasikan keberadaan bus Damri. Soal pelayanan, kami berkomitmen memberikan yang terbaik,” pungkasnya.

 

Salain jalur Ketapang – Pontianak, pengoperasian bus Damri di Ketapang juga melayani rute Ketapang – Sungai Melayu dan Ketapang – Nanga Tayap. Sedangkan keberangkatan bus akan dimulai dari Terminal Pangeran Giri Kusuma, Desa Paya Kumang, Ketapang.

Bus dengan kapasitas 39 penumpang ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas mewah, seperti full AC, USB charger, Wifi hingga audio video (karaoke). (IP-08)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *