Sawah Kota Pontianak Hasilkan Padi Unggul

PANEN - Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono tengah paneh padi di Kelurahan Batulayang, Rabu (29/1/2020). (HUMAS PEMKOT)
banner 468x60

PONTIANAK, insidepontianak.com – Walau wilayah perkotaan, ternyata Pontianak mampu menghasilkan padi unggul. Malah berhasil melampaui target areal tanam padi musim rendengan (masa bercocok tanam pada saat musim hujan) seluas 207 hektar, dari batasan 175 hektar. Salah satu lokasinya di Gang Karya Usaha, Kelurahan Batulayang, Pontianak Utara.

Panen dilakukan di areal sawah seluas 35 hektar. Satu hektarnya diperkirakan mampu memproduksi 6,4 ton gabah basah.

Bacaan Lainnya

“Harapan kita dengan lahan yang sangat terbatas ini, melalui intensifikasi, produktivitas bisa meningkat dan menghasilkan padi yang unggul,” kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono usai panen padi musim rendengan secara simbolis di Gang Karya Usaha Kelurahan Batu Layang, Rabu (29/1/2020).

Untuk mendorong masyarakat bercocok tanam khususnya padi, Pemkot Pontianak memberikan bantuan berupa bibit, pupuk, peralatan pertanian termasuk mesin perontok padi.

“Sekaligus jalan lingkungannya kita perbaiki untuk kemudahan distribusi dan transportasi angkutan hasil-hasil pertanian,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan, Bintoro menerangkan, Program Upaya Khusus (Upsus) ketahanan pangan, target padi rendengan 170 hektar, gadu (tanaman padi musim kemarau) 100 hektar di Kelurahan Batulayang.

“Di Kelurahan Batulayang ini, kita melampaui target yakni gadu 177 hektar, rendengan 245 hektar,” terangnya.

Program Upsus ini merupakan program Kementerian Pertanian bekerja sama dengan TNI AD dalam rangka untuk ketahanan pangan seluruh Indonesia, termasuk Kota Pontianak. (IP-06)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *