Feri Bardan-Siantan Pontianak Uji Coba Cashless 4 Februari

banner 468x60

PONTIANAK, insidepontianak.com – Pemkot Pontianak akan memberlakukan sistem pembayaran nontunai (cashless) pada feri penyeberangan Bardan-Siantan. Untuk tahap awal, uji coba dilakukan 4 Februari 2020 mendatang.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menerangkan, dengan pemberlakuan pembayaran nontunai akan lebih memudahkan penumpang karena praktis dan cepat.

Bacaan Lainnya

“Penumpang cukup menempelkan kartunya pada mesin yang disediakan dan tidak perlu lagi menunggu uang kembalian karena nominal yang didebet sesuai dengan tarif yang berlaku,” ujarnya kemarin.

Edi memastikan, dengan pemberlakuan pembayaran nontunai, jumlah pemasukan dari pendapatan jasa penyeberangan datanya lebih valid karena sudah melalui sistem.

“Yang jelas pemasukan dari ferry penyeberangan lebih transparan dan terukur,” sebutnya.

Direktur Utama (Dirut) Bank Kalbar Samsir Ismail menambahkan, penerapan cashless atau nontunai menggunakan kartu tunai elektronik. Kartu tersebut bisa diisi ulang (top up) pada bank atau tempat-tempat yang telah dikerjasamakan.

“Ke depan, kami juga akan memperluas kerja sama serupa dengan bank-bank lainnya,” ungkapnya.

Pemberlakuan ini sebagai salah satu upaya mendukung gerakan nontunai yang digagas oleh Bank Indonesia.

Ke depan, seluruh transaksi akan menggunakan nontunai. Sebagai bentuk sosialisasi dan promosi, untuk sementara kartu tersebut tidak dikenakan biaya dalam jangka waktu satu bulan ini.

“Hanya untuk isi uang elektroniknya, diisi sendiri oleh pemegang kartu,” terang Samsir. (IP-06)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *