Selama Uji Coba Nontunai Feri Bardan-Siantan, Bank Kalbar Harus Sediakan Outlet Khusus

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kepala Dinas Perhubungan Kota Pontianak, Utin Srilena Candramidi mengatakan selama periode sosialisasi, pihaknya meminta Bank Kalbar untuk menyediakan stand atau outlet khusus untuk melayani masyarakat atau penumpang feri penyeberangan yang membutuhkan kartu atau melakukan isi ulang.

“Sehingga masyarakat mudah mendapatkan kartu tersebut dan semakin mempermudah dalam proses keluar masuk penumpang feri penyeberangan,” ucapnya.

Bacaan Lainnya

Pada proses penerapan tersebut, akan diupayakan sepenuhnya menggunakan cashless. Namun seandainya masyarakat tidak memiliki kartu, maka pihak ASDP selaku penyedia jasa penyeberangan akan mempersiapkan kartu tersebut.

“Masyarakat bisa membayar tunai kepada petugas untuk mendapatkan kartu tersebut,” tutur Utin.

Dalam sistem tersebut, penumpang feri cukup menempelkan (tapping) kartu pada mesin yang disediakan sesuai dengan golongan tarif. Setelah itu, mesin akan mengeluarkan struk bukti pembayaran dan gerbang (gate) feri secara otomatis akan terbuka.

Sebagai tahap sosialisasi, pihaknya akan menempatkan petugas untuk mengarahkan penumpang saat akan melakukan pembayaran dengan kartu sehingga tidak merasa kesulitan.

Utinmemastikan, pemberlakuan sistem pembayaran nontunai ini, tarif yang diterapkan tetap sama dengan yang berlaku saat ini sesuai dengan golongan tarif masing-masing kendaraan.

“Kami pastikan petugas pasti akan ada di sana untuk mengarahkan masyarakat,” pungkasnya. (IP-06)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *