Bupati Sanggau Dukung Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa

PUKUL - Pemukulan gong oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji didampingi Pangdam XII/TPR, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad serta jajaran Forkompimda Provinsi dan Kabupaten/Kota di Aula Makodam XII Tanjungpura, Jumat (31/1/2020). (HUMAS SANGGAU)
banner 468x60

PONTIANAK, insidepontianak.com – Bupati Sanggau, Paolus Hadi mendukung program Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa, oleh Makodam XII/Tanjung Pura, Jumat (31/1/2020).

“Intinya bagaimana kita dari sisi ekologi kita dukung dan salah satu yang harus dikuatkan di desa mandiri itu adalah ekologinya,” ujar PH sapaan akrab Bupati Sanggau.

Bacaan Lainnya

PH mengatakan program tersebut sejalan dengan program Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau. Selama ini, Pemkab mendorong pengolahan hutan dengan berbagai strategi hutan adat.

“Bagaimana kita menanam, kita juga mengatur bagaimana masyarakat yang memiliki hak atas tanah dan nanti juga melalui Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikulturan dan Perikanan kita akan mencoba di satu dusun dan bahkan mungkin melebar pada beberapa dusun lainnya, untuk uji coba pengolahan lahan tanpa membakar,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kalbar, Sutarmidji menyampaikan Pemerintah Provinsi Kalbar mengucapkan terima kasih atas program yang dicanangkan oleh Pangdam XII/TPR.

“Program ini merupakan dalam rangka kita mewujudkan status desa menjadi desa mandiri. Di samping itu juga kita berupaya jangan sampai ada karhutla (asap) lagi di Kalimantan Barat,” ujar Gubernur.

Sinergitas dua program ini dinilainya sangat baik.

“Kami akan mendukung dan sinergitas antara tiga pilar ini dan Pemerintah Provinsi beserta seluruh Pemerintah Daerah kabupaten/kota akan terus ditingkatkan dalam rangka mencapai target-target yang diinginkan,” ucapnya.

Adanya program desa mandiri dan Langit Biru di Bumi Khatulistiwa tersebut, akan membuat desa semakin maju, berkembang, dan masyarakatnya sejahtera. (IP-06)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *