Operasional Koperasi Syariah KSM Dibekukan

Wabup Kayong Utara, Effendi Ahmad bersama Forkopimda membahas kisruh koperasi syariah, Jumat (31/1/2020)
banner 468x60

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Pemerintah Daerah Kayong Utara mengambil tindakan atas kisruh Koperasi Syariah Khatulistiwa Surya Mandiri (KSM) yang diduga melakukan penggelapan dana anggotanya.

Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad menggelar rapat bersama Polres Kayong Utara, Kementerian Agama Kayong Utara dan Inspektorat.

Pertemuan tersebut menghasilkan sejumlah poin untuk menindaklanjuti kasus tersebut.

“Sedang dilakukan proses penyidikan terhadap direktur atau Ketua Pengawas KSM atas nama PW, sekaligus dilakukan pendekatan dan penyuluhan kepada masyarakat oleh Polres Kayong Utara,” terang Effendi Ahmad, Jumat (31/1/2020).

Selain itu, untuk mengantisipasi bertambahnya korban penggelapan koperasi KSM ini, Effendi juga meminta pihak berwajib untuk menghentikan segala aktivitas koperasi KSM. Karena diketahui beberapa hari yang lalu sebagian masyarakat mengaku tidak dapat melakukan penarikan uang di koperasi tersebut.

“Melakukan upaya pembekuan operasional koperasi KSM di Kayong Utara,” tegas Effendi Ahmad.

Selain itu, dirinya juga mengintruksikan Inspektorat untuk melakukan audit terhadap Koperasi KSM. Sebab hingga saat ini pihak Pemda Kayong Utara juga belum mengetahui pasti keberadaan dana nasabah, karena masih dilakukan penyelidikan oleh pihak berwajib.

“Membentuk Satgas koordinasi supervisi dan pencegahan,” tambahnya.

Bahkan Pemda juga akan menginventarisir
terhadap usaha–usaha sejenis yang ada di Kayong Utara.

“Kita akan melakukan pemantauan terhadap usaha–usaha sejenis yang berkaitan dengan penghimpunan dana masyarakat,” ungkapnya. (IP-08)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *