Pemprov Kalbar-Telkomsel Lengkapi Aplikasi SiCerdas dengan Fitur Terbaru

Wagub Kalbar, Ria Norsan saat peluncuran fitur terbaru SiCerdas. (Diskominfo Kalbar)
banner 468x60

PONTIANAK, insidepontianak.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Telkomsel bekerja sama meningkatkan pendidikan dengan memanfaatkan teknologi. Salah satunya dengan penerapan aplikasi SiCerdas yang diluncurkan sejak 19 Agustus 2019 lalu.

Mobile school application SiCerdas hingga saat ini terus berkembang pesat hingga mencakup 70 SMA/SMK di 14 kabupaten/kota se-Kalimantan Barat. Dengan tingkat persentase login sebesar 47 persen. dari total 43.952 siswa pada 70 sekolah tersebut.

Bacaan Lainnya

Penerapan SiCerdas ini sekaligus sebagai penetrasi literasi digital kepada anak usia sekolah yang memiliki respon cukup baik. Pendayagunaan sarana teknologi informasi dan komunikasi ini menjadi salah satu pilihan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat menengah dan vokasi.

Upaya peningkatan kualitas pendidikan melalui pemberdayaan teknologi informasi ini, sudah menjadi komitmen Gubernur Kalimantan Barat sebagaimana visi dan misi yang diakomodir dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2018-2023.

Aplikasi SiCerdas terus mengembangkan beberapa fitur baru untuk menyesuaikan kebutuhan sekolah, siswa dan guru saat ini. Sebanyak 8 SMA/SMK di Kalimantan Barat sudah melakukan proses login 100 persen.

Diantaranya adalah SMA Negeri 1 Pontianak, SMK Negeri 3 Pontianak, SMK Negeri 7 Pontianak, SMA Negeri 4 Pontianak, SMA Negeri 1 Ngabang, SMA Kemala Bhayangkari Pontianak, SMA Negeri 2 Sungai Raya, dan SMK Babul Khairat Kabupaten Mempawah.

“Kita tingkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga mampu berkiprah dalam era globalisasi sekarang ini dan sukses.  Tetapi perlu diingat bahwa selain teknologi, suatu keberhasilan harus didukung oleh disiplin, integritas dan kerja keras,” kata Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan.

SiCerdas merupakan aplikasi digital dengan spesifikasi smartphone berbasis android yang menyediakan berbagai informasi dan kebutuhan data yang bermanfaat dan membentuk smart students di sekolah.

Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi para siswa dalam melakukan absensi, mengerjakan tugas sekolah, forum grup diskusi guru dan siswa, data perpustakaan, bahkan juga dapat melakukan transaksi LinkAja di kantin sekolah.

Menariknya, aplikasi ini dibuat langsung dari Kalimantan Barat dengan harapan mampu menembus skala nasional. Hal ini tak lain karena Menteri Pendidikan yang baru merupakan sosok yang latar belakang IT sehingga dalam prosesnya akan mendigitalisasi sekolah di Indonesia.

“Aplikasi SiCerdas merupakan bentuk dukungan Telkomsel terhadap dunia pendidikan khususnya di Kalimantan Barat,” Manager Branch Telkomsel Pontianak Surya Rachman.

Sejumlah fitur baru yang diberikan diantaranya Absen Online, Ulangan, Ujian, dan Nilai Online, Pengumuman Online, Izin Online, Literasi Online, Membuat SIM, KTP, dan Passport Daftar Universitas, Melamar Pekerjaan, serta Gubernur Menyapa.

Untuk siswa yang tidak memiliki smartphone android tetap dapat mempunyai akun dengan cara dibuatkan IT sekolah dengan menyerahkan nama, kelas, nomor telkomsel dan email siswa.

Secara khusus, Telkomsel bekerjasama dengan Favorit Kita Indonesia untuk mengembangkan aplikasi ini agar dapat digunakan oleh sekolah di Kalimantan Barat secara gratis. Didukung dengan infrastruktur jaringan Telkomsel tersebar di seluruh wilayah Kalimantan Barat.

Hadirnya mobile school application ini diharapkan mampu mencetak generasi muda yang kreatif, inovatif dan memberikan solusi bagi pengembangan sekolah dan merupakan bagian dari smartcity pemerintahan setempat yang tentunya sudah bekerja sama dengan Pemerintah Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat.

Orang tua dan siswa akan mendapat lebih banyak informasi secara aktif dan cepat dari Sekolah melalui notifikasi.

Aplikasi Sicerdas juga memberikan live report kepada Gubernur Kalbar, Dinas Pendidikan serta kepala sekolah sehingga semua data yang masuk akan tersimpan dengan baik dan menjadi database sekolah. Beragam fitur pada aplikasi SiCerdas ini akan terus dikembangkan berdasarkan kebutuhan setiap sekolah (customize). Selain di Kalimantan Barat, aplikasi SiCerdas juga sudah mulai digunakan di beberapa sekolah di Banjarmasin Kalimantan Selatan. (IP-07)

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *