Makam Raja Tanjungpura Bakal Dipercantik

ZIARAH- Bupati Ketapang, Martin Rantan saat berziarah ke makam Kerajaan Tanjungpura. (Fauzi/Insidepontianak.com)
banner 468x60

KETAPANG, insidepontianak – Bupati Ketapang, Martin Rantan bersama jajaran Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) mengunjungi kompleks makam Raja Kerajaan Tanjungpura dan Taman Khalwat Sapujagat, di Desa Tanjungpura, Kecamatan Muara Pawan, Jumat (31/1/2020).

Kedatangan rombongan Bupati Ketapang ke situs sejarah kerajaan tertua di Kalbar yang telah ada sejak abad ke-8 tersebut disambut langsung oleh Kepala desa Tanjungpura, Kurniawan dan Juru Kunci Taman Khalwat Sapujagat Tanjungpura, H Astralion serta tokoh masyarakat sekitar, H Marwan.

Martin Rantan menyebutkan, tujuan kedatangan ini ntuk merencanakan renovasi di beberapa bangunan. Akses jalan masuk, serta pagar pembatas dan penerangan di sekitar kompleks makam tersebut yang memiliki sejarah panjang ini.

“Bangunan makam Raja Tanjungpura ini akan kita bangun dan dibesarkan, jalan masuk kita rabat beton, tetapi kalau mau semua tidak cukup, ini hanya untuk menyamankan pengunjung dan juga akan kita adakan syukuran dan ziarah akbar nanti,” terangnya saat meninjau lokasi makam yang juga turut didampingi oleh Ketua Ikramat, Uti Royden Top.

Puluhan warga yang hadir juga berkenan mengantar Bupati Martin dan rombongan melihat beberapa lokasi peninggalan Kerajaan Tanjungpura. Seperti pelabuhan penambatan kapal, dan kolam pemandian putri kerajaan.

Martin Rantan juga diantar Kepala Desa Tanjungpura bersama warga untuk mengunjungi  tempat yang sangat disakralkan warga setempat. Yakni Taman Khalwat Sapu Jagat, dengan sumur yang airnya dikeramatkan warga yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Di sana, rombongan juga memanjatkan doa untuk keselamtan Kabupaten Ketapang. Kunjungan ke sisa peradaban KerajaanTanjungpura yang telah mengalami beberapa kali perpindahan ibu kota kerajaan, ini menjadi bukti bahwa peradaban negeri Tanah Bertuah ini sudah cukup maju pada masa itu. (IP-09)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *