Edi Kamtono: Tes CPNS Hari Pertama Berjalan Lancar

PONTIANAK, insidepontianak.com – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan secara umum pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) seleksi pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak hari pertama berjalan lancar. Tes CPNS dilaksanakan lima gelombang dalam sehari dan akan berlangsung 9 Februari mendatang.

Dari 400 formasi yang diterima, jumlah peserta tes CPNS yang lulus seleksi administrasi dan berhak mengikuti tes SKD sebanyak 4.025.

Bacaan Lainnya

“Kami berharap selama pelaksanaan tes SKD ini berjalan lancar,” ujarnya usai meninjau pelaksanaan tes CPNS di Gedung Politeknik Tonggak Equator, Senin (3/2/2020).

Peserta yang lulus akan mengikuti tahapan lanjutan, yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Edi menuturkan Pemkot Pontianak setiap tahun selalu melakukan evaluasi terkait kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Namun pada tahun ini pemerintah pusat hanya memberikan 400 formasi,” tuturnya.

Dari 400 formasi tersebut, sektor kesehatan dan pendidikan seperti guru menjadi yang paling besar. Saat ini jumlah ASN di Kota Pontianak berbanding 0,8 persen dari jumlah penduduk. Hal itu diakuinya masih banyak kekurangan di beberapa tempat dan berdampak pada pelayanan.

“Kami mesti mencarikan berbagai cara untuk berinovasi termasuk mungkin tenaga kontrak,” sebutnya.

Edi menambahkan, setiap tahun kurang lebih ada 150 guru yang pensiun. Sedangkan setiap tahunnya jumlah murid selalu bertambah. Sehingga mengharuskan beberapa guru dikontrak.

Edi memastikan proses penerimaan CPNS di Kota Pontianak transparan karena sebelum proses tersebut dilaksanakan juga telah diumumkan secara terbuka di berbagai media. Proses sosialisasi juga telah dilakukan seluas-luasnya.

“Proses tes juga ditangani langsung oleh BKN pusat,” imbuhnya.

Tim pelaksana CAT BKN, Betti Riana Sihaloho mengatakan, soal SKD yang diberikan bagi seluruh peserta, tingkat kesulitan dan kemudahannya sama. Namun soal antara satu peserta dengan peserta lainnya berbeda.

Dia menyampaikan jumlah penilaian Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk tahun ini minimal 65. Penilaian tersebut menurun jika dibandingkan dengan sebelumnya yang mencapai 75.

“Kita siapkan ribuan soal, jadi setiap soal yang didapatkan tidak akan sama,” pungkasnya.

Adapun formasi CPNS di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak berjumlah total 400 formasi, terdiri dari Tenaga Pendidikan 219 (S1), Tenaga Kesehatan 57 (S1), 93 (D3) dan Tenaga Teknis 26 (S1) 5 (D3). (IP-06)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *