Enggang Khatulistiwa Bantu Pemkot Pontianak Promosikan Kampung Wisata

PONTIANAK, insidepontianak.com – Walau sempat vakum, kini Komunitas Enggang Khatulistiwa (EKHA) kembali muncul dengan konsep baru. Mereka turun ke kampung-kampung berpotensi wisata di Kota Pontianak. Kegiatan ini dilakukan dua minggu sekali.

Agenda pertamanya, akhir Desember 2019 lalu, mereka berkunjung ke Kampung Caping Mendawai di Jalan Imam Bonjol. Mereka meliput dan menuliskan obyek wisata menarik. Goalnya, meluncurkan buku tepat di HUT Kota Pontianak ke-249 tanggal 23 Oktober 2020.

Bacaan Lainnya

“Kami sembilan peserta dan semuanya perempuan,” kata Ketua EKHA, Vivi Al Hinduan, Senin (3/2).

Di Januari 2020 kemarin, EKHA juga telah mengunjung Kampung Tenun di Gang Sambas Jaya Batulayang, Kampung Tambelan di Kelurahan Tambelan Sampit, Pontianak Timur. Rencananya di bulan Februari ini, mereka akan ke Kampung Bansir dan Kampung Beting. Sedang Maret nanti mengunjungi Kampung Kamboja dan Kampung Bangka.

“Saat ini, Pemerintah Kota Pontianak sedang gencar membangun kampung-kampung di tepian Sungai Kapuas untuk dikembangkan menjadi kampung wisata. Kami membantu mempromosikan kampung-kampung tersebut ke masyarakat luas,” kata Vivi.

Selain bertujuan untuk dibukukan, hasil kunjungan EKHA juga dipromosikan lewat media sosial Facebook dengan Fanpage EKHA News dan Instagram @newsekha.

Sebelumnya, komunitas ini bernama Kelas Menulis Enggang Khatulistiwa yang mayoritas anggotanya mahasiswa dan para pekerja. Namun, karena kesibukan masing-masing, setelah berhasil menerbitkan buku perdana di ajang bergengsi Kalbar Book Fair 2017 silam, Kelas Menulis Enggang Khatulistiwa pun dibubarkan. (IP-06)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *