25 Naga Ikuti Ritual Buka Mata Sambut Cap Go Meh Pontianak

BUKA MATA - Ritual buka mata di kelenteng Kwan To Bio, Jalan Diponegoro, Kecamatan Pontianak Kota, Kamis, (6/2/2020) pagi. (ANDI)
banner 468x60

PONTIANAK, insidepontianak.com – Satu per satu replika naga mulai memasuki kelenteng Kwan To Bio, Jalan Diponegoro, Kecamatan Pontianak Kota, Kamis, (6/2/2020) pagi. Naga-naga tersebut mengikuti ritual buka mata naga sebelum beratraksi pada perayaan Cap Go Meh 2571 di Kota Pontianak.

“Ritual buka mata naga ini adalah suatu ritual bahwa naga harus dibuka mata agar dianggap hidup,” kata Sekretaris Panitia Cap Go Meh Kota Pontianak, Thie Djie Shen.

Bacaan Lainnya

Ritual tersebut diikuti sebanyak 25 naga yang telah terdaftar di Panitia Cap Go Meh 2571 di Kota Pontianak. Ritual tersebut dilaksanakan setiap tahun pada tanggal 13 hari setelah Imlek, serentak di seluruh dunia.

Naga-naga tersebut satu per satu akan dibuka matanya oleh para tatung, yang sudah berada di dalam kelenteng.

“Pada pagi ini ada lima tatung yang hadir. Pada pelaksanaan buka mata juga ada doa-doa khusus, yang disampaikan oleh para tatung,” terangnya.

Setelah prosesi tersebut, barulah naga-naga bisa atraksi dan akan mengunjungi rumah-rumah warga dan pejabat di Kota Pontianak dan sekitarnya. (IP-06)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *