Dialihkan ke Pontianak, Ini Hasil Pemeriksaan Awak Tanker Tujuan WHW yang Derita Gejala Mirip Corona

ILUSTRASI

PONTIANAK, insidepontianak.com – Seluruh awak kapal tanker MT Awasan Pioneer Voy nomor 15 berbendera Hong Kong, yang mengangkut barang impor berupa Liquid Caustic Soda milik PT Well Harvest Winning Alumina Refinery yang berada di Kendawangan, dipastikan sehat. Kepastian itu didapat usai pemantauan dan pengecekan kesehatan langsung oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pontianak.

Sebelumnya, kapal tanker yang sejatinya akan berlabuh di Kendawangan, Ketapang dialihkan ke Pelabuhan Pontianak. Pasalnya, tujuh dari 22 awak kapal mengalami sakit dengan gejala demam, lemah, batuk, dan nyeri tenggorokan. Gejala-gejala ini mirip dengan gejala virus Corona.

Bacaan Lainnya

“Hasil pemantauan dan pemeriksaan kesehatan langsung, kondisi seluruh awak kapal MT Awasan Pioneer sehat,” kata Kepala KKP Pontianak, Rahmad Subekti, Kamis (6/2/2020).

Kapal ini berangkat dari Pelabuhan Tokuyama, Jepang dengan membawa 22 Anak Buah Kapal (ABK) termasuk nahkoda dan direncanakan berlabuh di Kendawangan. Namun, sesuai prosedur internasional, setiap kapal asing yang berlabuh di Indonesia akan diperiksa terlebih dahulu oleh tiga instansi yakni sesuai urutan Karantina, Imigrasi dan Bea Cukai.

Namun, berdasarkan informasi Medical Declaration of Health (MDH) yang diterima oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas Il Pontianak, tujuh dari 22 ABK yang ikut bersama MT. Awasan Pioneer Voy 15 mengalami sakit dengan gejala demam, lemah, batuk dan nyeri tenggorokan yang mirip gejala virus Corona. Hal itulah yang menyebabkan kapal diperiksa di Pontianak. (IP-06)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *