Lima Naga Sambangi Kantor Bupati Ketapang

BERI - Bupati Ketapang, Martin Rantan memberikan angpau pada arakan naga yang datang ke Kantor Bupati Ketapang, Kamis (6/2/2020). (FAUZI/insidepontianak.com)
banner 468x60

KETAPANG, insidepontianak.com – Panitia perayaan Cap Go Meh melakukan pagelaran arak-arakan replika naga dan barongsai, Kamis (6/2/2020). Iringan juga sempat menyambangi Kantor Gubernur Ketapang, setelah sebelumnya buka mata di Kelenteng Tua Pekkong, Jalan Merdeka, Ketapang. Usai dari Kantor Bupati, rombongan menuju DPRD Ketapang, Makodim 1203 Ketapang, Mapolres Ketapang, dan Kantor Kejaksaan Negeri Ketapang.

Kunjungan Panitia Cap Gomeh dengan arak-arakan naga untuk memberikan penghormatan kepada Bupati Martin Rantan beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Ketapang. Arakan terdiri dari 5 naga dan 5 barongsai dari Yayasan Tri Dharma dan Vihara Sila Matreya. Replika meliuk dimainkan puluhan orang.

Bacaan Lainnya

Ketua Panitia Naga Pekkong, Gow Kok Yong mengatakan perayaan Cap Go Meh tahun ini mengusung tema “Kita Bersatu Ketapang Maju”. Cap Go Meh digelar sebagai permohonan rahmat dan berkat dari Tuhan Yang Maha Esa.

“Semoga negara Republik Indonesia selamat sentosa dan Kota Ketapang semakin kondusif, dunia usaha semakin maju dan berkembang, dan masyarakat Ketapang semakin maju dan sejahtera,” katanya.

Puncak perayaan Cap Go Meh dilaksanakan Jumat (8/2/2020) malam berupa kirab budaya berbagai etnis.

“Kirab budaya tujuannya mempersatukan etnis dan budaya yang ada di Kabupaten Ketapang melalui kegiatan puncak kegiatan malam Cap Go Meh,” ucapnya.

Asisten II Setda Ketapang, Marwan Noor yang mewakili Pemkab Ketapang mengucapkan terima kasih kepada panitia telah memelihara ragam kebudayaan. Pemkab Ketapang telah memberikan ruang kepada seluruh etnis untuk menyelenggarakan kegiatan kebudayaan di Taman Budaya Pendopo Bupati Ketapang.

“Pak Bupati telah memberikan kita ruang untuk berkreasi, berinovasi di kebudayaan yang ada di Kabupaten Ketapang,” jelasnya.

Bahkan untuk bidang kebudayaan, Bupati Ketapang Martin Rantan saat ini sedang menyelesaikan studi S-3 tentang kebersamaan beberapa etnis dan kebudayaan.

“Sebentar lagi Bapak Bupati akan menyandang gelar Doktor di Universitas Padjajaran Bandung, dan pada malam perayaan Cap Go Meh Pak Bupati akan memberikan arahan tentang kebudayaan di Kabupaten Ketapang,” tuntasnya. (IP-06)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *