Martin Ajak Masyarakat Ketapang Tanam Pohon di Pekarangan Rumah

TANAM - Bupati Ketapang, Martin Rantan menanam pohon sebagai tanda penghijauan 350 batang pohon di Ketapang, Jumat (7/2/2020). (FAUZI)

KETAPANG, insidepontianak.com – Bupati Ketapang, Martin Rantan beserta dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) menaman pohon sebagai bentuk langkah penghijauan di beberapa titik di Kabupaten Ketapang.

Martin mengajak seluruh masyarakat turut serta menghijaukan wilayahnya masing-masing.

Bacaan Lainnya

“Era saat ini lahan kosong banyak hilang, hutan yang disebut paru-paru dunia mulai menipis. Tentu itu semua dapat menimbulkan dampak negatif bagi alam dan kehidupan kita semua,” ungkapnya.

Penghijauan merupakan solusi penting untuk memperbaiki alam. Terlebih dampak positif penanaman pohon akan dirasakan manusia.

“Dengan penghijauan polusi udara berkurang, lingkungan menjadi asri, ini merupakan wujud dari visi misi kita yaitu pengolahan sumber daya alam Ketapang dengan memperhatikan lingkungan hidup,” terangnya.

Ada beberapa cara guna menggalakkan penanaman pohon, seperti reboisasi, pembuatan taman kota, dan lainnya. Namun hal terpenting, perlu kesadaran semua pihak.

“Kita tidak boleh menunggu orang lain atau pemerintah, karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Mulailah dari hal kecil dengan menyisakan lahan untuk ditanami pohon di lingkungan rumah dan menjaga kebersihan lingkungan,” ajak Martin.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim-LH), Dennery mengatakan sedikitnya 305 batang pohon yang ditanam.

“Penanaman dimulai hari ini (Jum’at) di beberapa titik, seperti di Jalan Gajah Mada, Pantai Pecal serta Jalan Mulia Baru menuju ke arah lingkar kota,” katanya.

Tanaman itu terdiri dari berbagai jenis pohon di antaranya trembesi, mahoni, tanjung, hingga sengon. (IP-06)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *