Tim Provinsi Segera Turun Perbaiki Ruas Jalan Siduk-Sukadana

Salah satu truk bermuatan amblas di jalan sekitar daerah Sukadana menuju Siduk. (Ist)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Kondisi ruas Jalan Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara timpang. Keadaan tersebut amat dirasakan masyarakat ketika mulai memasuki jalan Kabupaten Kayong Utara.

Beberapa ruas jalan berstatus jalan provinsi memang masih banyak mengalami kerusakan parah. Khususnya ruas jalan Simpang Siduk menuju Sukadana. Tak jarang masih sering ditemui beberapa kendaraan truk  bermuatan amblas. Bahkan mengalami rusak ketika harus berjibaku melewati lubang yang dalam.

Bacaan Lainnya

Desyanto, warga Ketapang yang mengantar sang istri untuk mengikuti tes CPNS di Kayong Utara mengungkapkan, beberapa ruas jalan yang memang mengalami kerusakan sangat parah, di antaranya daerah Semanai, Melinsum dan Tanjung Gunung.

“Iya ada beberapa ruas jalan pas masuk ke Siduk yang rusak parah, jadi kita pakai motor tidak bisa laju, karena banyak lubang,” ungkapnya, Senin (10/2/2020).

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kayong Utara, Tomi Djunaidi menjelaskan, kerusakan jalan khususnya antara ruas jalan Siduk, Desa Simpang Tiga, Kota Sukadana stasusnya merupakan jalan provinsi.

Pihaknya telah melaporkan kerusakan jalan ini ke pihak pemerintah provinsi. Agar segera ditangani dan telah mendapatkan respon, bahkan pihak provinsi segera menurunkan tim.

“Ruas jalan antara Siduk dan Kota Sukadana sudah kita laporkan agar dapat ditangani. Laporan tersebut mendapatkan respon baik dan tim dari provinsi akan turun lagsung ke lokasi, agar dapat segera diperbaiki,” ungkapnya.

Untuk penanganan yang komprehensif pada ruas jalan Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang telah dibahas bersama Kepala Balai Jalan Wilayah Kalimantan, Plt Kadis PU Provinsi Kalbar dan Kepala Bappeda Provinsi Kalbar. Sehingga tahun ini dapat ditetapkan sebagai jalan nasional.

Tomi mengutarakan, kondisi rusaknya jalan ini selain disebabkan meningkatnya aktivitas arus barang dan orang, juga dikarenakan kondisi cuaca yang saat ini dalam musim penghujan.

“Kita juga berharap adanya pengawasan yang ketat terhadap kendaraan angkutan barang yang melalui ruas jalan Telok Batang- Ketapang agar mematuhi aturan. Dan kaidah beban muatan dan tinggi bak muatan. Sehingga tidak semakin memperburuk kondisi jalan,” pesannya.

Sementara itu, Pemda Kayong Utara akan terus intens dalam berkoordinasi dengan Dinas PU Provinsi Kalbar agar jalan tersebut bisa segera ditangani. (Fauzi)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *