Sehari, Pemkot Pontianak Raih Tiga Penghargaan Bergengsi

TERIMA - Wali Kota Pontianak menerima penghargaan UPP Saber Pungli terbaik dari Gubernur Kalbar, Sutarmidji, Rabu (12/2/2020). (HUMAS PEMKOT)
banner 468x60

PONTIANAK, insidepontianak.com Dalam sehari, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak meraih tiga prestasi bergengsi. Ketiganya adalah penghargaan kepada Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kota Pontianak atas Kinerja Pokja Pencegahan Terbaik Pertama Tahun 2019 dari Gubernur Kalbar selalu Penanggung Jawab Satgas Saber Pungli Kalbar, dan penghargaan kepada Inspektorat Pontianak atas prestasinya dalam pencapaian Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Level 3, dan  Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 3  dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Keduanya diberikan sebelum dimulainya Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Satgas Saber Pungli UPP Kalbar dan Penyerahan Kapabilitas APIP serta Maturitas SPIP di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar, Rabu (12/2/2020).

Bacaan Lainnya

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi ke jajaran Pemkot yang telah bekerja keras dalam sistem pengawasan internal instansi pemerintah.

“Sejauh ini berjalan sesuai harapan, tapi kami terus meningkatkan. Dengan adanya Saber pungli kami harap tidak ada pungli. Kepada masyarakat jika ada pungli silakan laporkan,” katanya.

Edi mencontohkan urusan parkir. Pemkot sudah berkoordinasi dengan Kapolresta Pontianak. Jika ada parkir dengan tarif melebihi perda, akan ditahan dan ditindak.

“Karena pengawasan (pungli) itu sudah berkurang, tapi di medsos kerap dipertanyakan, misalnya e-KTP. Kalau memang masih ada, kami minta foto dan laporkan,” katanya.

“Kepala OPD juga ikut turut mengawasi jajaran di bawahnya. Kami ada tim yang mengawasi, di tahun 2019 belum ada yang ditangani,” tutupnya. (balasa)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *