Empat Mahasiswa Kalbar Dinyatakan Bebas Corona dan Dipulangkan dari Natuna

Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harrison. (K Balasa/Insidepontianak.com)
banner 468x60

PONTIANAK, insidepontianak.com – Empat orang mahasiswa Kalbar yang dikarantina di Natuna, Kepulauan Riau usai pulang dari Tiongkok, esok diperbolehkan kembali ke daerah asal. Masa karantina mereka selama 14 hari, akan selesai Sabtu (15/2/2020).

“Mereka akan dipulangkan ke Jakarta, setelah itu bebas mau ke mana, kan mereka sehat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson, Jumat (14/2/2020).

Bacaan Lainnya

Di Natuna, mereka dikarantina bersama dengan 238 warga Indonesia lainnya yang tinggal di sejumlah kota di Tiongkok. Kebanyakan dari mereka merupakan mahasiswa. Termasuk empat warga Kalbar tersebut yang terdiri dari dua laki dan dua perempuan.

Sebelum dipulangkan dari Tiongkok, mereka dikumpulkan di Kota Wuhan untuk diperiksa kesehatannya oleh Pemerintah Tiongkok. Tiga orang WNI tak diperbolehkan pulang ke Indonesia karena demam dengan suhu di atas 38 derajat. Mereka pun akhirnya dirawat Pemerintah Tiongkok.

“Setelah dikumpulkan WNI dari semua provinsi, ternyata empat orang menolak untuk kembali ke Indonesia. Mungkin karena alasan personal,” sebutnya.

Ketika hendak dipulangkan dari Wuhan pun, Pemerintah Indonesia memeriksa ulang kesehatan mereka. Hingga akhirnya proses karantina dilakukan dalam rangka antisipasi lantaran semuanya dinyatakan sehat ketika pulang. Sedang masa inkubasi virus Corona sampai 14 hari.

“Karantina di Natuna akan berakhir 15 Februari. Mereka sudah dinyatakan sehat dan bisa pulang ke rumah masing- masing besok,” ujarnya.

Masyarakat pun tak perlu khawatir lantaran mereka yang dikarantina di Natuna telah melalui pemeriksaan berlapis.

“Mereka adalah sudara kita yang sudah dinyatakan tidak terserang Corona oleh Pemerintah Tiongkok maupun oleh Pemerintah Indonesia melalui prosedur karantina yang ketat,” sebutnya. (balasa)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *