Razia Satlantas Polresta Pontianak Sasar Delapan Pelanggaran

Razia yang dilakukan oleh Satlantas Polresta Pontianak Kota, Sabtu (15/2/2020). (Andi/Insidepontianak.com

PONTIANAK, insidepontianak.com- Sebanyak 65 pengendara terjaring razia kendaraan bermotor yang digelar Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Pontianak, Sabtu (15/2/2020) pagi.

Razia yang digelar di Jalan Johan Idrus, Kecamatan Pontianak Selatan, menyasar delapan poin pelanggaran yang dilakukan pengendara. Mulai dari tidak menggunakan helm SNI, mengemudi dengan kecepatan tinggi, mengemudi dalam pengaruh alkohol, tidak menggunakan safety belt, mengunakan hp saat berkendara, menggunakan lampu rotator, sirine maupun lampu strobo, menerobos lampu merah serta melawan arus.

Bacaan Lainnya

“Itu (delapan poin) yang menjadi sasaran kita,” ujar Kasat Lantas Polresta Pontianak Kompol Syarifah Salbiah.

Meski kesadaran masyarakat berlalu lintas semakin hari semakin baik, tapi Satlantas Polresta Pontianak terus berupaya menekan pelanggaran. Sebab kecelakaan bermula dari pelanggaran.

Upaya preemtif dan preventif terus menjadi yang utama dilakukan. Mulai dari sosialisasi, pemasangan banner, dialog interaktif hingga terakhir penegakan hukum.

Polwan senior Polresta Pontianak ini mengatakan, terdapat beberapa lokasi di Kota Pontianak yang masih banyak ditemukan pelanggaran. Khususnya pengendara yang tidak menggunakan helm. Seperti di Jalan Khatulistiwa, Jalan Tanjung Hilir dan Tanjung Hulu, Jalan Ampera dan Jalan Kom Yos Sudarso.

“Lokasi-lokasi masih banyak kita temukan pengendara jalan yang tidak menggunakan helm,” katanya.

Sementara, lokasi lain, seperti simpang Jalan Tanjung Raya I dan II pihaknya masih banyak mendapati pengendara yang menerobos lampu merah dengan tidak menggunakan helm.

Polisi teladan 2019 ini mengimbau masyarakat pengguna jalan agar tertib dan taat aturan berlalu lintas.

“Gunakan helm ketika menggunakan kendaraan bermotor, gunakan sabuk pengaman ketika membawa mobil. Tidak menggunakan handpone saat berkendara, tidak mengemudi dalam  pengaruh alkohol, tidak menerobos lampu merah,  serta melawan arus,” pungkasnya. (andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *