Damkar Swasta Kalbar Akhirnya Punya SOP Penanggulangan Kebakaran

Rapat 30 perwakilan pemadam swasta di Restoran New Hawaii, Jalan Suprapto, Kecamatan Pontianak Selatan, Minggu (16/2/2020)
banner 468x60

PONTIANAK, insidepontianak.com – Forum Komunikasi Pemadam Kebakaran Swasta Kalimantan Barat akhirnya memiliki  Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam melaksanakan operasi penanggulangan bencana kebakaran.

SOP tersebut disusun bersama 30 perwakilan pemadam swasta di Restoran New Hawaii, Jalan Suprapto, Kecamatan Pontianak Selatan, Minggu (16/2/2020) pagi.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Pemadam Kebakaran Kalbar, Edi Zulkarnaen mengatakan, SOP dibuat untuk menjaga profesionalisme petugas pemadam kebakaran. Di samping itu, diharapkan dapat menjadi panduan pelaksanaan operasi penanggulangan kebakaran untuk semua pemadam kebakaran swasta di bawah naungan Forum Komunikasi Pemadam Kebakaran Swasta.

Edi mengatakan, SOP tersebut merupakan kebutuhan organisiasi. Apalagi, tugas dari pemadam kebakaran berhubungan dengan nyawa. Salah-salah nyawa menjadi taruhanya.

“Makanya dibuat SOP. Yang diwakili 30 pemadam swasta dari total 61 pemadam yang berada dinaungan Forum Komunikasi Pemadam Kebakaran Swasta,” ungkapnya.

SOP tersebut kata dia, menjadi yang pertama kali. Di dalamnya mengatur bagiamana prosedur penanganan kebakaran mulai dari tahap pemberangkatan, tahap operasi pemadaman dan penyelamatan, hingga selesainya pemadaman.

Setelah SOP tersebut dibuat, nantinya akan diperbanyak dan disosialisasikan ke masing-masing Damkar.  Edi berharap SOP tersebut, dapat diimplementasikan petugas Damkar dengan poin-poin yang diatur dalam SOP.  Misalnya Alat Pelindung Diri (APD).

“Kalau belum punya, minimal turun ke TKP kebakaran memakai baju lengan panjang, helm dan sepatu,” ungkap dia.

Selain itu, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan audiensi dengan Kapolresta Pontianak Kota, Kapolres Mempawah dan Kubu Raya. (andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *