Dekranasda Pontianak Minta Pengrajin Ikuti Tren

Ketua Dekranasda Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie Edi Kamtono melihat produk UMKM Kota Pontianak. (Humas Pemprov)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Dekranasda Kota Pontianak mengevaluasi produk UKM yang dihasilkan 30 pengrajin UKM binaan Dekranasda Kota Pontianak di Gedung UMKM Center, Senin (17/2/2020).

Evaluasi ini bertujuan untuk mempersiapkan produk-produk unggulan yang akan diikutsertakan pada pameran internasional yang rencananya akan digelar pada bulan April 2020 mendatang.

Bacaan Lainnya

Pertemuan ini memang rutin digelar oleh Dekranasda Kota Pontianak untuk mengevaluasi dan melihat perkembangan produk dari pengrajin. Beberapa ide juga disampaikan sehingga pertemuan berikutnya selalu ada peningkatan kualitas produk yang dihasilkan.

Ketua Dekranasda Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie Edi Kamtono menuturkan, evaluasi ini bertujuan mendorong agar produk yang dihasilkan semakin berkualitas.

“Saya berkeinginan agar produk yang dihasilkan bisa naik kelas bukan hanya dipasarkan pada level lokal dan nasional saja tapi kalau bisa ekspor,” ujar Yanieta.

Setiap tahun Dekranasda Kota Pontianak juga selalu memfasilitasi pengrajin dan produk unggulan dari Kota Pontianak untuk diikutsertakan pada setiap pameran mulai dari tingkat nasional bahkan level internasional.

“Harapan kami saat pameran nanti, produk bapak dan ibu bisa ditaksir dan dibeli dalam jumlah besar, ” kata Yanieta ketika membuka rapat evaluasi.

Lebih lanjut dikatakannya, selain meningkatkan kualitas, kreativitas dan inovasi tentunya agar bisa bersaing dengan produk yang lain maka pengrajin harus rajin mengikuti perkembangan tren saat ini.

“Misalnya tren 2020 saat ini kan warnanya yang soft, konsumen pasti akan mengikuti perkembangan dan kita juga harus mengupdate model,” ujarnya.

Namun Yanieta mengingatkan meskipun mengikuti perkembangan tren, bukan berarti meninggalkan kearifan lokal yang ada. Harus ada yang terus menyosialisasikan corak insang karena merupakan ciri khas Kota Pontianak. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *