Pertumbuhan Ekonomi Makro Pontianak 2021 Tergantung Geliat Usaha Perdagangan dan Jasa

RAPAT - DIskusi terfokus tentang Prediksi Ekonomi Makro Kota Pontianak tahun 2021 di Aula Bappeda Pontianak, Selasa (18/2/2020). (HUMAS PEMKOT)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Pertumbuhan ekonomi Kota Pontianak masih bergantung disektor perdagangan dan jasa. Geliat potensi usaha kuliner, perhotelan, transportasi, dan industri sekala kecil dan sedang, menjadi penentu pertumbuhan ekonomi Kota Pontianak tahun 2021 yang dipatok tumbuh di angka 5,3 persen.

“Kalau ini bisa dijaga dengan baik, kita bisa melakukan peningkatan pertumbuhan ekonomi sesuai target,” kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, usai kegiatan FGD tentang Prediksi Ekonomi Makro Kota Pontianak Tahun 2021, Selasa (18/2/2020).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi makro juga bergantung dengan kondisi eksternal. Misalnya isu virus Corona yang dua bulan belakangan merebak. Praktis membuat aktivitas ekspor-impor terkendala. Kemudian, wisatawan datang ke Pontianak juga berkurang. Sehingga pengunjung hotel menjadi sepi. Selain itu, faktor cuaca juga bisa menghambat percepatan petumbuhan ekonomi.

“Jadi kuncinya, pertumbuhan ekonomi makro juga dipengaruhi faktor eksternal,” ucapnya.

Di luar itu, dari sisi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Pontianak termasuk salah satu wilayah yang punya progres peningkatan cukup baik.

“IPM kita meningkat ke 79,35 persen,” ujarnya. (abdul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *