Tingkatkan Kapasitas SDM, Pemkab Ketapang Bekerja Sama dengan Universitas Indonesia

TANDA TANGAN - Rektor UI dan Bupati Ketapang menandatangani nota kesepakatan kerja sama kedua belah pihak di Kampus UI, Depok, Rabu (19/2/2020). (PROKOPIM KETAPANG)
banner 468x60

KETAPANG, insidepontianak.com – Guna meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, Pemkab Ketapang resmi bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) dalam hal pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Penandatanganan nota kesepakatan dilakukan Bupati Ketapang, Martin Rantan dan Rektor UI Prof Ari Kuncoro di Ruang Rapat UI, Depok, Rabu (19/2/2020).

“Kami menyambut baik nota kesepakatan dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, penyelenggaraan kepemerintahan yang baik, kajian, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Ini juga untuk meningkatkan SDM di Ketapang sebagai upaya mewujudkan visi Pak Presiden yakni SDM unggul Indonesia Maju,” ungkapnya Martin Rantan.

Bacaan Lainnya

Ketapang merupakan kabupaten terluas di Provinsi Kalbar dengan 20 Kecamatan. Berdasarkan publikasi Badan Pusat Statistik pertumbuhan ekonomi Ketapang pada 2018 sebesar 7.48 persen, tertinggi se-Kalbar dalam lima tahun terakhir. Sedang Indeks Pembangunan Manusia di angka 67,91 dengan tingkat pengangguran terbuka terbesar 3,50 persen, tingkat kemiskinan 10,12 persen, dan indeks gini sebesar 0,23 persen.

“Berdasarkan data-data makro pembangunan daerah tersebut, disamping menggambarkan prestasi yang cukup baik dalam pelaksanaan pembangunan, namun kami akui masih ada beberapa aspek pembangunan yang masih perlu untuk ditingkatkan,” katanya.

Akan ada tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menindaklanjuti perjanjian kerja sama ini, di antaranya Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Komunikasi dan Informatika.

Rektor Universitas Indonesia, Prof Ari Kuncoro mengaku senang dapat melakukan penandatangan nota kesepakatan. UI sebagai universitas tertua dan terkemuka di Indonesia siap menjadi pelopor dan center of excellence, serta sebagai guru bangsa.

“UI yang berbasiskan akademisi, berperan dalam mendesain program sesuai permasalahan yang ada di masyarakat berdasarkan kajian multidisplin ilmu, serta melakukan transfer knowledge atau teknologi sesuai kebutuhan masyarakat yang aplikatif atau tepat guna. Hari ini merupakan momentum sangat baik bagi UI maupun Pemkab Ketapang untuk bisa saling bersinergi dengan memperhatikan semua potensi dan unggulan sumber daya masing-masing, guna mempercepat terwujudnya tujuan pembangunan nasional,” katanya. (fauzi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *