Pemda Kucurkan Rp1,5 Miliar Renovasi Komplek Makam Tanjungpura

REVONASI - Kompleks Makam Tanjungpura di Ketapang bakal direvonasi Pemda dengan anggaran Rp1,5 Miliar tahun ini. (FAUZI/insidepontianak.com)

KETAPANG, insidepontianak.com – Setelah Bupati Ketapang Martin Rantan meninjau komplek Makam Raja Tanjungpura beberapa waktu lalu, akhirnya Pemerintah tahun 2020 ini akan merenovasi komplek makam raja-raja Tanjungpura dengan anggaran Rp1,5 miliar yang bersumber dari APBD.

“Tahun 2020 ini kami menganggarkan kurang lebih Rp1,5 miliar untuk renovasi komplek makam Tanjungpura, rambat beton, rehap dan sebagainya,” ungkap Martin Rantan Kamis (20/2/2020).

Bacaan Lainnya

Bupati Ketapang meminta Ketua Ikkramat bersama masyarakat memperhatikan dan merawat situs sejarah tersebut.

Orang nomor satu di Kabupaten Ketapang ini menambahkan, pascarenovasi, pada perayaan Idulfitri, Pemkab Ketapang berencana akan mengadakan halal bihalal di lokasi itu bersama masyarakat.

“(Nanti) kami juga akan menggelar syukuran dan ziarah akbar di makam raja-raja Kerajaan Tanjungpura. Ziarah akbar nanti tidak hanya dengan keluarga Kerajaan Matan tapi juga dengan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Ketapang,” tegas Martin.

Sementara itu, Ketua Ikatan Keluarga Besar Kerajaan Matan Tanjungpura (Ikkramat), Uti Royden Top berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada Bupati Ketapang Martin Rantan karena menaruh perhatian dan kepedulian yang lebih terhadap keberadaan makam Tanjungpura.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Ketapang Martin Rantan karena telah peduli dengan budaya, karena makam raja-raja Tanjungpura merupakan cagar budaya yang harus dirawat,” ujar anggota DPRD Kabupaten Ketapang itu. (fauzi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *