Kantor SAR Kayong Utara Tinggal Menunggu Keputusan Pusat

TINJAU - Wakil Bupati Kayong Utara dan Kepala SAR Pontianak meninjau lokasi rencana Kantor SAR Kayong Utara, Kamis (20/2/2020). (HUMAS KAYONG UTARA)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Kantor Tim Search and Rescue (SAR) akan segera dibangun di Kayong Utara. Hal ini merupakan bentuk keseriusan rencana kerja sama Basarnas dan Pemerintah Daerah Kayong Utara. Lahannya berasal dari hibah Pemkab.

“Saya memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Kepala Kantor SAR Pontianak yang telah berkunjung dan serius membangun Pos SAR di Kayong Utara,” ucap Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad ketika menerima kunjungan dari Kepala Kantor SAR Pontianak Kalimantan Barat, Yopi Hariadi.

Bacaan Lainnya

Pos SAR direncanakan akan dibangun di Teluk Batang dan Pemda akan menyiapkan tempat sementara untuk ditempati oleh Tim SAR di Kayong Utara.

“Kami akan menyiapkan tempat sementara yaitu eks Pos Dinas Perhubungan di Pelabuhan Teluk Batang yang bisa dimanfaatkan oleh teman-teman SAR untuk dijadikan Pos sambil menunggu pembangunannya selesai,” ujar Wabup.

Sementara itu, Kepala Kantor SAR Pontianak, Yopi Hariyadi mengatakan bahwa kunjungannya untuk berkoordinasi dan bersinergi dengan Pemda Kayong Utara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami ingin bersama-sama dengan Pemda Kayong Utara memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama untuk kegiatan pencarian dan pertolongan apabila terjadi kecelakaan transportasi, bencana dan juga kondisi yang membahayakan jiwa manusia lainnya,” ungkap Yopi.

Terkait dengan operasionalisasi Pos SAR di Kayong Utara, Yopi menjelaskan bahwa pihaknya telah mengusulkan untuk pembangunan Pos SAR di Kayong Utara tersebut kepada pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

“Kami juga sudah mengusulkan untuk membangun Pos SAR di Kayong Utara ini ke pihak KemenPAN-RB, sekarang sedang menunggu persetujuan, apabila itu sudah disetujui oleh KemenPANRB maka kita akan bertahap untuk memulai operasionalnya, mulai dari penempatan personel maupun pembangunan sarana dan prasarananya,” tutur Yopi. (humas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *