Mantan Honorer Satpol PP Ketapang Ketahuan Curi Kotak Amal dari Rekaman CCTV Masjid

Barang bukti kotak amal yang dicuri BU. (Ist)

KETAPANG, insidepontianak.com – Mantan pegawai honorer Satpol PP Ketapang, BU (28) ditangkap polisi lantaran mencuri kotak amal masjid.

Aksi warga Desa Kalinilam, Kecamatan Delta Pawan ini terbongkar dari rekaman CCTV masjid.

Bacaan Lainnya

Kasat Reskrim Polres Ketapang, AKP Eko Mardianto mengatakan, penangkapan terhadap tersangka berawal dari adanya laporan masyarakat.

“Tersangka berhasil diringkus pada Minggu malam,” ungkapnya, Selasa (25/2).

Eko menjelaskan, pengungkapan aksi pencurian kotak amal ini bermula ketika tersangka melakukan pencurian kotak amal di Masjid Nurul Akbar yang terletak di Jalan Gajah Mada, Kelurahan Kalinilam, Kecamatan Delta Pawan pada Jumat, November lalu sekitar pukul 01.30 WIB. Saat itu tanpa disadari ketika hendak melarikan diri aksi tersangka terekam kamera CCTV masjid.

“Tersangka masuk ke dalam masjid dengan mencongkel pintu masjid, kemudian mencungkil kotak amal dan mengambil uang di dalam kotak amal sekitar Rp400 ribu. Usai tersangka keluar melalui pintu masjid yang sebelumnya dicungkil,” terangnya.

Keesokan harinya, pengurus masjid yang mengetahui adanya aksi pencurian isi kotak amal, langsung melaporkan kejadian ke pihak kepolisian dan setelah dilakukan pengecekan termasuk rekaman CCTV diketahui pencuri seorang pria menggunakan pakaian hitam dan topi hitam.

“Dari petunjuk tersebut, anggota kemudian melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap tersangka saat akan melakukan pencurian kotak amal lagi di Masjid yang ada di Gang Kapur Sungai Cina, Kecamatan Delta Pawan sekitar pukul 23.00 WIB,” terangnya.

Eko menambahkan, dari hasil pengembangan dan pemeriksaan terhadap tersangka, diketahui tersangka melakukan pencurian kotak amal di dua TKP lainnya yakni di masjid Gang Kapur Sungai Cina dan masjid di depan SMAN 3 Ketapang.

“Pengakuan tersangka hasil curian digunakan untuk keperluan sehari-hari. Saat ini tersangka beserta barang bukti saat ini telah diamankan di Mapolres Ketapang dan untuk tersangka dipersangkakan melanggar Pasal 363 KUHP,” tandasnya. (fauzi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *