Bahas Rencana Kerja, Edi Minta PDAM Tingkatkan Kualitas Pelayanan

ilustrasi.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono meminta Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Khatulistiwa meningkatkan pelayanan penyediaan air bersih.

“Terutama kualitas airnya, kemudian cakupan layanan bisa menjangkau seluruh masyarakat Kota Pontianak,” ujarnya usai rapat pembahasan dan pemaparan usulan Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) PDAM Tirta Khatulistiwa di Ruang Rapat Pontive Center, Rabu (26/2/2020).

Bacaan Lainnya

Selain itu, pihaknya menargetkan 100 persen warga Pontianak memperoleh akses air bersih di tahun 2023. Program sambungan air bersih bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) juga masih berlanjut tahun ini.

“Program MBR air bersih tahun 2020 mengalokasikan dana senilai Rp7 miliar atau setara 600 sambungan yang akan terlayani,” ungkapnya.

Kemudian, tingkat kebocoran yang terjadi juga menjadi perhatian. Saat ini tingkat kebocoran mencapai 28,4 persen. Edi menekankan agar PDAM menjaga kualitas air yang disalurkan ke pelanggan terutama pada saat musim kemarau dan hujan di mana terjadi perubahan warna air.

“Peremajaan pipa-pipa lama yang rawan terhadap kebocoran,” jelasnya.

Edi menambahkan, rapat yang digelar ini membahas rencana kegiatan PDAM tahun 2020. Selain itu juga mengevaluasi tentang pelaksanaan kerja tahun 2019. Rapat ini juga sebagai dasar PDAM melaksanakan kegiatan tahun 2020. Dalam menjalankan roda perusahaan, PDAM sebagai perusahaan daerah sudah harus mengacu peraturan daerah Perumda Air Minum.

“Di dalamnya mengatur berkaitan dengan persoalan teknis dan non teknis,” pungkasnya. (prokopim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *