Kadisdukcapil Pontianak Baru Janjikan Percepatan Pelayanan

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Pontianak, Erma Suryani. (ABDUL/insidepontianak.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Pontianak, Erma Suryani menyatakan siap melakukan reformasi pelayanan sebagaimana amanah Wali Kota Pontianak.

“Tentu ada hal-hal yang perlu kita lakukan. Terutama terhadap percepatan pelayanan administrasi kependudukan,” katanya diwawancarai usai pelantikannya, menggantikan Suparma yang memasuki masa pensiun, di Kantor Wali Kota Pontianak, Jumat (28/2/2020).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, dalam program-program yang sudah dilaksanakan sebelumnya, tentu ada kendala yang perlu diperbaiki. Harus terus diupayakan solusi ke depan. Misalnya program pendaftaran pelayanan pembuatan administrasi kependudukan atau capil yang mulai dilakukan secara daring pertama kali tahun ini.

Jika dilihat, belum semua masyarakat paham dan mengerti dengan pelayanan sistem tersebut. Karenanya, pelayanan secara langsung tetap harus dilakukan.

“Untuk waktunya harus dijadwalkan,” sebutnya.

Kemudian soal blanko e-KTP yang kerap habis. Menurutnya, di tahun 2019 lalu pengadaanya yang diakomodir oleh APBN hanya 16 ribu keping. Dalam pengadaan yang disediakan pemerintah pusat tersebut, tidak memperhitungkan perubahan data. Misalnya penambahan usia 17 tahun sebagai pemula wajib e-KTP.

“Sehingga itu terjadi kekurangan,” ujarnya.

Namun untuk tahun ini, usulan pengadaan blangko sudah lebih banyak. Sesuai dengan perhitungan potensi-potenai perubahan data yang akan terjadi.

“Insyaallah cukup,” katanya.

Ke depan, Erma menginginkan program-program percepatan pelayanan di Disdukcapil terus disampaikan ke seluruh masyarakat Kota Pontianak.

“Supaya masyarakat memiliki pengetahuan. Kita ingin sama-sama membangun Kota Pontianak lebih maju,” pungkasnya. (abdul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *