Pontianak Green Run, Ajak Masyarakat Lari Sambil Jaga Lingkungan

LUNCURKAN - Peluncuran Pontianak Green Run di Canopy Center, Sabtu (29/2/2020). (ANDI/insidepontianak.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Berlari sambil menjaga kelestarian lingkungan menjadi konsep Pontianak Green Run yang baru saja diluncurkan di Canopy Center, Jalan Purnama II, Kecamatan Pontianak Selatan, Sabtu, (29/2/2020) pagi. Perhelatan itu akan digelar pada Minggu, 19 April mendatang dengan jarak tempuh sejauh lima kilometer.

“Rutenya nanti dari Jalan Harapan Jaya, masuk ke Purnama, Wonobaru, Tani Makmur, dan finis di Harapan Jaya,” kata
Ketua Pasi Kota Pontianak, Herman Hofi Munawar kepada wartawan, usai peluncuran Pontianak Green Run, Sabtu, (29/2/2020) pagi.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut memadukan semua program menjadi satu kesatuaan. Bersinergi dengan program Gubernur dan Panglima TNI tentang pemanasan global dan pentingnya menjaga lingkungan.

“Kami ingin memberikan kesadaran masyarakat tentang penghijauan. Sehingga selain lari, kita juga akan melaksanakan penghijauan dengan penanaman pohon,” terangnya.

Di samping itu, pihaknya ingin mencari bibit muda, dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya olahraga.

Herman mengatakan, permasalahan lingkungan saat ini, harus menjadi perhatian bersama. Tidak hanya, Pemerintah, TNI, dan Polri semata.

Apalagi, pinggiran Kota Pontianak punya potensi yang luar biasa, dan masyarakatnya turut memperhatikan lingkungan. Pontianak Green Run diharap dapat menimbulkan kesadaran untuk terus menjaga lingkungan.

Di samping lari dan menanam pohon, dalam kegiatan tersebut, juga akan digelar pesta rakyat, bazar kuliner, hiburan dan musik.

Menurutnya, animo masyarakat sangat tinggi. Bahkan, sebelum diluncurkan ratusan orang sudah mendaftar.

“Bahkan ada yang dari luar Kalbar mendaftar. Target kami pesertanya 1.500 sampai 2.000 orang,” terangnya.

Dia pun yakin kegiatan tersebut akan berdampak pada pariwisata Kota Pontianak. Dengan kunjungan para wisatawan baik dari luar Kota Pontianak, bahkan dari negara lain.

“Artinya kita menabur gula di Kota Pontianak, akhirnya semut datang. Orang-orang datang inikan bawa duit. Mereka belanja dan menginap yang tentu menjadi pemasukan Pemerintah Kota,” terangnya.

Yang tak kalah penting, dalam kegiatan tersebut pihaknya juga menyiapkan hadiah menarik yang bisa didapatkan peserta.

“Baik anggaran pembinaan, hal-hal lain semua sudah disiapkan panitia. Insya Allah akan menarik dan wah,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Pontianak, Syarif Saleh menyambut baik kegiatan tersebut karena dapat memperkenalkan Kota Pontianak dan pariwisata.

“Untuk itu kami ajak masyarakat menyukseskan Pontianak Green Run yang tahun 2020 ini yang pertama,” ajaknya.

Ke depan dia berharap kegiatan tersebut dapat menjadi agenda kejuaraan tahunan, yang dikemas lebih menarik bekerja sama dengan pengurus cabang (pangcab) olahraga dan stake holder terkait.

“Misalnya lari ke lokasi-lokasi tertentu, masuk ke hutan-hutan Kota Pontianak misalnya, agar menjadi kegiatan tetap seperti Pontianak City Run,” ungkapnya.

Disporapar juga siap mengakomodir anggaran, tinggal bagaimana berkolaborasi.

“Tidak ada sesuatu yang tak bisa, kalau kita berkolaborasi, semuanya bisa,” pungkasnya. (andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *