Berinovasi, Pengurusan Berkas di Desa Sutera Kini Bisa Online

Petugas di Desa Sutera menunjukkan aplikasi Nusantara. (Ist)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Pemerintah Desa Sutera, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara saat ini memiliki aplikasi pelayanan berbasis online. Aplikasi ini hasil kerjasama dengan LKBN Antara  yang bernama Nusantara. Aplikasi  yang nantinya bisa diakses masyarakat yang akan mengurus surat menyurat di Desa Sutera.

“Jadi masyarakat nanti, kalau ingin membuat surat di desa, tinggal buka aplikasi Nusantara, terus pilih surat apa yang ingin diajukan. Setelah itu isi form yang ada, tekan kirim, nanti diterima oleh operator kami di desa. Warga tinggal membawa kode unik yang muncul saat mengirim surat tersebut.  Tinggal datang ke kantor desa saja, untuk mengambil suratnya, jadi tidak perlu menunggu lagi,” terang Kepala Desa Sutera, Ripa’I, kemarin.

Bacaan Lainnya

Aplikasi Nusantara memiliki dua jenis pelayanan surat yaitu  pelayanan surat umum dan surat pelayanan surat khusus. Pelayanan surat umum bisa diakses oleh masyarakat selain warga desa, seperti surat domisili, surat rekomendasi IMB, surat kuasa tanah dan lain- lain. Sedangkan surat pelayanan khusus hanya bisa diakses oleh warga Desa Sutera dengan menggunakan ID nomor induk KTP masing-masing.

“Kita berharap dengan adanya aplikasi ini bisa meningkatkan pelayanan prima di desa terutama kecepatan pelayanan, jadi masyarakat tidak lagi menunggu lama- lama lagi untuk mendapatkan surat yang mereka urus,” harapnya.

Aplikasi ini diharapkan mampu memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat desa. Khususnya yang saat ini masih terus tahap pengembangan agar aplikasi tersebut lebih baik kedepannya.

“Karena ini aplikasi masih baru, tentunya banyak kekurangan yang akan terus kami kembangkan lebih baik dengan LKBN Antara, targetnya tahun 2020 ini sudah bisa digunakan masyarakat secara sempurna, karena saat ini masih ada beberapa jenis surat yang belum bisa diakses masyarakat,” lanjutnya. (fauzi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *