Pontianak Bentuk Tim Siaga Virus Corona

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono saat rakor lintas sektoral, membahas Corona, Kamis (5/3/2020). (Andi/Insidepontianak.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyebutkan pihaknya bersama lintas sektoral membentuk Tim Siaga menghadapi virus Corona.

Hal ini disampaikannya saat Rapat Koordinasi Penanggulangan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (COVID-19) dengan lintas sektor, Kamis (5/3/2020). Rapat itu membahas beberapa hal yang telah menimbulkan kepanikan masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Jadi kita bentuk tim siaga, siapa berbuat apa. Dinkes mengoordinasi masalah-masalah kesehatan, termasuk fasilitas kesehatan dan sosialisiasi. Masalah keamanan pak Kapolresta yang memantau,” terangnya.

Dalam kesempatan itu dia mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak mudah percaya dengan berita-berita hoaks terkait virus Corona. Pasalnya, sejauh ini Pontianak masih aman dari virus tersebut.

“Sampai saat ini Kota Pontianak aman. Justru berita hoaks ini yang mengganggu aktivitas masyarakat kita,” kata Edi.

Edi menyatakan akan memberikan informasi sedetilnya agar masyarakat tidak panik dengan berita-berita yang belum jelas.

Sebagai upaya menekan hal tersebut, pihaknya akan melakukan edukasi bersama stakeholder terkait, dan mengampanyekan pola hidup sehat.

“Momentum ini harusnya bisa kita manfaatkan untuk menjaga pola hidup sehat. Sering cuci tangan menggunakan sabun atau handsanitizer,” katanya.

Dia mengimbau masyarakat yang sehat tidak perlu mengunakan masker. Sebab masker hanya digunakan untuk orang sakit dan petugas kesehatan. Edi juga akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat berkaitan dengan kelangkaan masker dan handsanitizer.

“Kita berharap pabrik masker di Kota Pontianak bisa segera memproduksi jika bahan bakunya sudah ada. Stok masker di Puskesmas dan rumah sakit juga tersedia masker secara gratis,” pungkasnya. (andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *