Kesbangpol Ketapang Gelar Rakor Penyusunan Rencana Aksi Terpadu

BUKA - Staf ahli Bupati bidang kemasyarakatan dan SDM, Husnan membuka rapat koordinasi Kesbangpol yang diselenggarakan di Hotel Borneo Ketapang, Jum'at (7/3/2020). (ISTIMEWA)

KETAPANG, insidepontianak.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Poltik (Kesbangpol) Kabupaten Ketapang menggelar Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana Aksi Terpadu dalam rangka penanganan konflik sosial di Kabupaten Ketapang. Acara tersebut di buka langsung oleh Staf ahli Bupati bidang kemasyarakatan dan SDM, Husnan yang diselenggarakan di Hotel Borneo Ketapang, Jum’at (7/3/2020).

Dalam sambutannya, Staf ahli Bupati Ketapang menyampaikan bahwa untuk menuju kehidupan yang harmonis rukun dan damai, mengharuskan semua untuk dapat menjaga kondusivitas dan toleransi dalam keberagaman. Fungsi dan peran seluruh warga sangat dibutuhkan karena hal ini juga menjadi modal dasar melaksanakan pembangunan di Kabupaten Ketapang.

“Dalam upaya melaksanakan amanat dan dan implementasi Undang-undang Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial maka tindak lanjut yang nyata seperti pelaksanaan rapat koordinasi antar seluruh pihak terkait dalam penanganan berbagai hal terkait konflik sosial di Kabupaten Ketapang yang terdiri dari ragam etnis dan agama hal tersebut yang membentuk kehidupan kemajemukan di Kabupaten Ketapang,” katanya.

Dia berharap agar peserta dapat memanfaatkan rakor dengan optimal untuk mendengarkan setiap laporan materi dari narasumber dan bertukar ide dan pikiran agar kehadiran peserta rakor dapat memberikan sumbangsih nyata terhadap upaya untuk menjaga stabilitas keamanan dan keharmonisan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan di Kabupaten Ketapang.

“Besar harapan saya agar sinergisitas yang terjadi baik pemerintah melalui Kesbangpol dengan, Polres, Korpri, Kejari dan pihak terkait lainnya dapat mewujudkan tatanan kehidupan yang aman dan tentram,” harap Husnan.

Sekarang ini, banyak hal yang menyebabkan konflik sosial itu cepat merebak dan menjadi bahaya. Salah satunya dengan tersebarnya berita hoaks melalul media sosial.

“Tidak jemu-jemunya saya ingatkan kepada masyarakat agar bersama-sama kita perangi hal tersebut. Saya ingin seluruh warga memiliki kesadaran tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu terlebih kepada segala sesuatu yang dapat memecah belah persatuan,” imbaunya.

Staf ahli Bupati ini juga mengajak untuk menyatukan tindak dan langkah sinergi serta dukungan dari seluruh pihak melalui peran serta masing-masing demi terwujudnya Kabupaten Ketapang yang lebih baik.

“Mari bangkit dan sadar untuk menjadi manusia unggul yang berdaya dan membangun harus diawali dengan solidaritas cinta tanah air bela negara dalam mempertahankan kedaulatan NKRI,” pungkasnya. (fauzi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *