Pangdam: Alih Kodal Menyesuaikan Kondisi Geografis Kalbar

Pangdam XII Tanjungpura bersama jajaran. (Ist)

KUBU RAYA, insidepontianak.com- Restrukturisasi organisasi dilakukan jajaran Kodam XII Tanjungpura. Salah satunya dengan melaksanakan Alih Komando dan Pengendalian (Kodal) dari Yonif Raider 641/Bru Kodam XII/Tpr ke Brigif 19/Khatulistiwa serta Yonif 642/Kapuas dari Brigif 19/Khatulistiwa ke Korem 121/Abw.

Upacara Alih Kodal tersebut berlangsung di Makodam XII Tanjungpura, Sabtu (7/3/2020) dipimpin Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Bacaan Lainnya

“Alih Kodal ini bagian dari restrukturisasi organisasi Angkatan Darat,” kata Pangdam kepada wartawan, Sabtu (7/3/2020) pagi.

Di samping itu, perubahan tersebut juga mempertimbangkan kondisi geografis di Provinsi Kalbar. Khususnya dalam pembinaan kesiapan operasional prajurit.

“Batalyon 642 Kapuas di bawah kendali Korem 121 Abw karena lokasi lebih dekat. Demikian juga satuan 641 BRU yang kedudukannya di Singkawang, maka aspek pembinaan satuan lebih mudah di bawah pembinaan Brigif 19/Khatulistiwa,” terangnya.

Jenderal bintang dua ini berpesan agar prajurit dan batalyon segera menyesuaikan diri. Latihan-latihan kegiatan pasukan dan pembinaan kesiapan operasional satuan tetap harus dilaksanakan sesuai program yang ditentukan.

“Yang berbeda hanya kendali saja, dan segera menyesuaikan tradisi baru,” pungkasnya. (andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *