Listrik Terang, Beri Penghasilan bagi Desa Padang

Penjabat Desa, Fahrizal.

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Listrik di Desa Padang, selain memberikan penerangan kini telah menambah pemasukan bagi desa.

“Selain masyarakat menikmati penerangan, desa juga telah menikmati penghasilannya,” jelas Penjabat Kepala Desa Padang, Fahrizal, Selasa (10/3/2020).

Pemasukan yang diterima desa dari penghasilan listrik yang dikelolanya, membuat desa mendapatkan bagi hasil yang dikelola Bumdes Desa Padang. Dengan adanya listrik yang dikelola desa, masyarakatnya sangat berterima kasih kepada Pemkab Kayong Utara yang telah membantu desa yang belum terjamah aliran listrik PLN dengan program ‘Bersih dan Bersinar’.

Sebelum masuk listrik yang dikelola desa, masyarakat Desa Padang menggunakan mesin genset sendiri dan harus mengeluarkan biaya hingga Rp1,5 juta per bulan.

“Dengan listrik baru ini dengan daya 900 watt, masyarakat mengeluarkan duit hanya sekitar Rp400 ribu saja per bulannya,” jelasnya.

Adanya penerangan listrik ini, nantinya akan membantu dalam pelaksanaan Festival Karimata yang kedua, April mendatang. Banyak lomba dan acara yang akan digelar pada Festival Karimata nanti, termasuk acara puncak Nyemah Laut.

“Kami juga mengajukan Kapal Pelayaran Rakyat yang ada di Dinas Perhubungan untuk dihibahkan ke Bumdes Desa Padang,” terang pria yang berstatus PNS di Kecamatan Kepulauan Karimata. (prokopim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *