500 Personel Ikuti Apel Kesiapsiagaan Karhutla Kodim Ketapang

APEL - Sebanyak 500 personel Satgas Relawan Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa mengikuti apel Kesiapsiagaan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang digelar Kodim 1203/Ketapang, kemarin. (ISTIMEWA)

KETAPANG, insidepontianak.com – Sebanyak 500 personel Satgas Relawan Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa mengikuti apel Kesiapsiagaan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang digelar Kodim 1203/Ketapang, kemari Apel tersebut bertujuan mengantisipasi terjadinya Karhutla di wilayah Ketapang.

Dandim 1203/Ktp, Letkol Kav Jami’an, mengatakan apel tersebut guna mengantisipasi Karhutla dan mempercepat program Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistia. Salah satunya dengan bersinergi dengan TNI-POLRI, dan instansi terkait lainnya melalui metode sinergi Pentahelix melibatkan unsur Pemerintah, Komunitas Masyarakat, Akademisi, para pelaku bisnis dan media.

Bacaan Lainnya

“Secara bersama-sama melakukan gerakan serbu dan keroyok (SEROK),” ujarnya.

Sasaran utamanya kegiatan itu, adalah desa-desa yang selama ini menjadi langganan Karhutla, khususnya di wilayah Kecamatan Sandai.

Dandim mengatakan, masalah Karhutla telah berdampak pada rusaknya ekosistem hutan, dan memberikan dampak negatif bagi sendi-sendi kehidupan manusia.

“Saya mengharapkan langit tetap biru tidak ternoda oleh asap akibat Karhutla dapat terwujud di Kecamatan Sandai,” terangnya.

Solusi nyata, yang akan dilakukan melalui kegiatan yang bermanfaat, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan Desa Mandiri, dengan indek ketahanan ekonomi, sosial dan lingkungan.

Sesuai Indikator yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah maupun Pusat, pihaknya menggalakan Program Pembuatan Cuka Kayu sebagai alternatif menyiapkan lahan pertanian tanpa harus membakar. (andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *