RSUD Agoesdjam Ketapang Jadi Rumah Sakit Rujukan Corona

Kadinkes Kalbar, Harrison.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kementerian Kesehatan kembali nambah satu rumah sakit rujukan penanggulangan Covid-19 atau Corona di Kalbar.

“Penambahannya itu adalah Rumah Sakit dr Agoesdjam di Ketapang,” kata Kepala Dinas Kalbar, Harrison, Kamis (12/3/2020).

Bacaan Lainnya

Penetapan penambahan rumah sakit rujukan itu, melalui surat yang dikirim Kemenkes ke Dinas Kesehatan Kalbar tertanggal 10 Februari 2020. Dengan demikian, sudah empat rumah sakit rujukan penanggulangan Corona di Kalbar yang telah disediakan. Di antaranya, RSUD Soedarso, RSUD Abdul Aziz Singkawang, RSUD Ade M Djoan Sintang dan RSUD Agoesdjam Ketapang.

Menurut Harrison, penambahan rumah sakit rujukan itu, karena melihat letak geografis Kalbar yang sangat luas. Terutama Ketapang yang letaknya terpisah dari ibu kota provinsi.

“Ketapang itu agak terpisah dari Pontianak. Seandainya mereka harus merujuk ke Pontianak, itu kan sangat jauh,” katanya.

Selain itu, di Ketapang juga banyak tenaga kerja asing. Karena itu, pemerintah menetapkan RSUD Agoesdjam sebagai rumah sakit rujukan penanggulangan Covid-19.

“Dan di rumah sakit itu (Agoesdjam) juga memang sudah ada dokter spesialis paru, spesialis patologi dan juga sudah punya fasilitas ruang isolasi,” pungkasnya. (abdul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *