Polresta Pontianak Selidiki Lahan Pengembangan Perumahan yang Sengaja Bakar Lahan

PLANG PROMOSI - Sebuah plang promosi perumahan dan umbul-umbul terpasang tepat di depan lahan terbakar di Jalan Bina Jaya, Gang Damai II, Kamis (12/3/2020) sore. (ANDI/insidepontianak.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Penyidik Satreskrim Polresta Pontianak Kota mendatangi lahan terbakar di Jalan Bina Jaya, Gang Damai II, Kamis (12/3/2020) pukul 17.15 WIB. Kedatangan mereka guna menyelidiki kebakaran lahan yang terjadi Rabu, (11/3/2020).

Pascadipadamkan petugas damkar, api memang sudah benar-benar padam. Namun bekas lahan terbakar masih terlihat jelas. Luasnya diperkirakan sekira 300 meter persegi. Sebelumnya, lahan tersebut diduga telah ditebas, baru akhirnya dibakar.

Bacaan Lainnya

Di lokasi itu, sebuah banner promosi dan umbul-umbul perumahan terpampang jelas. Hal tersebut semakin menguatkan bahwa lahan itu hendak dibuka untuk dibangun perumahan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BPBD Kota Pontianak Saptiko mengatakan, berdasarkan Peraturan Walikota (Perwa) 55 Tahun 2018 jika ditemukan lahan yang segaja dibakar, maka lima tahun lahan tersebut tidak dapat digunakan.

Hingga kini, pihaknya telah menyerahkan data lahan terbakar tersebut kepada Dinas PUPR dan Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Pontianak untuk ditindaklanjuti.

“Kedua dinas ini yang nanti menindaklanjuti sesuai perwa yang ada, sesuai tugas dan fungsi dinas masing-masing,” katanya.

Sebelumnya, Polsek Pontianak Selatan telah mengamankan dua terduga pelaku pembakar lahan. Mereka adalah LH (35), dan MD (26). Keduanya lantas digelandang di Mako Polsek Pontianak Selatan dan diperiksa. Hasil  pemeriksaan tersebut keduanya mengakui telah membakar lahan.

“Tujuan terduga pelaku membakar adalah untuk membangun sejumlah rumah di lahan tersebut,” terang Kompol Anton Satriadi kepada insidepontianak.com.

Kasus tersebut kemudian dilimpahkan ke Polresta Pontianak. Namun hingga kini belum ada penetapkan tersangka.

“Masih terperiksa,” ujar Kapolresta Pontianak Kota Kombes Pol Komarudin. (andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *