Dorong Kualitas SDM, Pemkab Ketapang Jalin Kerja Sama dengan Universitas Terbuka

Bupati Ketapang saat MoU dengan pihak Universitas Terbuka. (Ist)

KETAPANG, insidepontianak.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang menjalin kerja sama dengan pihak Universitas Terbuka (UT) Pontianak, Sabtu (14/3) malam. Kesepakatan ini dituangkan dalam penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU).

Bupati Ketapang, Martin Rantan dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan penandatangan MoU ini merupakan langkah awal kerja sama antara perguruan tinggi Universitas Terbuka Pontianak dengan Pemkab Ketapang.

Bacaan Lainnya

“Melalui kerjasama ini merupakan solusi yang tepat dalam penanggulangan persoalan wilayah Ketapang yang luas namun masih terbatas dalam sumber daya manusia, terlebih Universitas Terbuka merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi dan bergerak di dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” katanya.

Martin melanjutkan, hal ini sejalan dengan misi keempat Bupati dan Wakil Bupati Ketapang yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Ia pun menerangkan ruang lingkup kesepakatan bersama antara Pemkab dengan Universitas Terbuka meliputi penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pelatihan.

“Penyelenggaraan kolaborasi riset dan pengembangan sumber daya, penyelenggaraan kegiatan ilmiah, seminar dan lokakarya, peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia serta peningkatan pengelolaan dan optimalisasi aset daerah yang semuanya akan tertuang dalam nota kesepakahan atau MoU,” tambahnya.

Martin menambahkan, keberadaan Universitas Terbuka khususnya kelompok belajar tentu sangat membantu Pemkab, lantaran banyak pegawai yang bisa menempuh pendidikan tanpa harus meninggalkan pekerjaannya.

“Saya atas nama Pemkab Ketapang mendukung keberadaan Universitas Terbuka dan akan membantu menyiapkan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan untuk menunjang perkuliahan,” ungkap Bupati.

Martin meminta agar keberadaan kelompok belajar Universitas Terbuka harus terpusat di Kota Ketapang sehingga pemerintah akan mudah mengawasi atau mengontrol serta meningkatan kualitas pendidikan dan memberikan fasilitas yang diperlukan.

“Saya atas nama pemerintah mengajak alumni-alumni universitas terbuka untuk membangun Ketapang, terlebih rata-rata pegawai yang ada di instansi pemerintah maupun swasta terdapat lulusan dari Universitas Terbuka, dan semoga hubungan kerja sama ini dapat berdampak positif terhadap kemajuan pembangunan Ketapang,” tandsnya. (fauzi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *