Lepas Jabatan Kapolsek Utara, Kompol Abdullah Syam Minta Masyarakat Jaga Kamtibmas

Kompol Abdullah Syam.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kompol Abdullah Syam sosok yang tak asing di kalangan masyarakat Pontianak Utara. Sosoknya dikenal ramah, dan dekat dengan masyarakat.

Di kalangan jurnalis, kami memanggilnya “Pak Long” artinya paman. Tua dan muda memanggilnya demikian. Pria kelahiran Sambas, 11 Januari 1966 silam ini dikenal begitu bersemangat. Meski usainya tak lagi muda.

Di lingkungan kerjanya, dia selalu menempatkan diri sebagai orang tua, yang senantiasa memberikan teladan. Di lingkungan kerja pun selalu berusaha pelayanan terbaik kepada masyarakat sebagai anggota Polri.

Abdullah Syam mengawali karier di Polresta Pontianak sebagai Kasat Res Narkoba Polresta Pontianak Kota tahun 2015. Hampir dua tahun tugas itu diembannya, hingga dipercaya menjadi Kapolsek Sungai Raya tahun 2017.

Pada tahun 2018, di era kepemipinan Irjen Pol Didi Haryono, Abdullah kembali dipercaya menjabat sebagai Kapolsek Pontianak Kota, dan 2019 lalu dia menjabat sebagai Kapolsek Pontianak Utara.

Di sela kesibukannya, Abdullah selalu menyempatkan diri, terlibat dalam setiap kegiatan yang diadakan masyarakat. Termasuk membantu warga yang terkena musibah.

“Di Siantan kita membangun rumah warga yang terkena petir dengan dukungan tokoh masyarakat Siantan,” terangnya kepada insidepontianak.com.

Selain itu, dia pun dinilai berhasil mengelola situasi Kamtibmas yang ada, hingga agenda-agenda berjalan lancar dan pernah mendapatkan Penghargaan dari Kapolda dan Kapolresta Pontianak Kota dalam pengamanan Operasi Lilin Kapuas 2019.

Namun di balik keberhasilan tersebut, ada hal yang tak dapat dilupakan Abdullah. Selama 10 bulan menjabat sebagai Kapolsek yakni kasus empat tahanan pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) kabur dari jeruji besi, pada Januari 2020 lalu.

Satu per satu dari empat tahanan tersebut dapat kembali dalam kurun waktu dua hari.

“Dua malam jak, setelah itu keluarga menyerahkannya ke Polsek,” jelasnya.

Dia berterima kasih kepada masyarakat Pontianak Utara yang telah menjaga Kamtibmas dengan baik. Dia berpesan untuk terus menjaga situasi Kamtibmas dan tidak mudah terprovokasi dengan berita hoaks yang belum jelas sumbernya.

“Tanyakan dulu kepada pihak-pihak yang berwenang jika mendapatkan informasi yang belum jelas. Jangan langsung percaya, kemudian saling silaturahmi, membangun Siantan,” pintanya.

Kini Abdullah resmi melepas jabatan sebagai Kapolsek Pontianak Utara, dalam upacara serah terima jabatan (Sertijab) yang digelar di Mapolresta Pontianak Kota, Kamis (19/3/2020).

Sertijab tersebut dipimpin langsung Kapolresta Pontianak Kota Kombes Pol Komarudin. Dalam sertijab tersebut beberapa jabatan di lingkungan Polresta Pontianak Kota  berubah.  Kabag Ops Polresta Pontianak, yang semula dijabat Kompol Saloom Pardamean Silaban digantikan dengan AKP Rizal Ferdianto. Kompol Salom Perdamean akan menempati jabatan baru sebagai Wakapolres Bengkayang.

Kabag Sumda Polresta Pontianak Kota yang sebelumnya dipimpin Kompol Agus Mulyana, digantikan AKP Sandhy W.G. Suawa. Kompol Agus akan diberikan amanah baru sebagai Wakapolres Melawi. Selain itu, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Dwikora, IPTU Muhammad Resky Rizal digantikan AKP Fitrah Meydar Hasan. Iptu Muhammad Resky Rizal akan diberikan amanah baru sebagai Kasat Reskrim Polres Mempawah.

Jabatan Kapolsek Pontianak Utara yang batu diisi AKP Heri Purnomo, yang sebelumnya bertugas di Panit Unit 1 Ditpamobvit, Polda Kalbar.  Sementara Abdullah dimutasikan dalam jabatan baru sebagai Kanit III Bagwasiddik Ditresnarkoba Polda Kalbar. (andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *