Bupati Hadiri Pengambilan Sumpah Janji Wakil Ketua DPRD Sintang

SUMPAH - Anggota DPRD Sintang, Heri Jambri saat diambil sumpahnya sebagai Wakil Ketua DPRD Sintang, Senin (23/3/2020). (PROKOPIM SINTANG)

SINTANG, insidepontianak.com – Bupati Sintang, Jarot Winarno menghadiri rapat paripurna pengucapan sumpah janji Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang masa jabatan 2019-2024, Heri Jambri yang dilaksanakan di Ruang Sidang DPRD Sintang, Senin (23/03/2020).

Jarot Winarno mengatakan dengan telah diambil sumpah atau janji Wakil Ketua 2 DPRD Sintang, maka Alat Kelengkapan Dewan DPRD Sintang sudah lengkap.

Bacaan Lainnya

“Hari ini alat kelengkapan dewan sudah lengkap, sehingga kita semua bisa berharap akan terjadi optimalisasi fungsi dan peran DPRD Sintang sebagai bagian dari Pemerintah Daerah sekaligus juga sebagai mitra yang sinergis dengan eksekutif untuk mengatasi segala permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Kabupaten Sintang,” kata Jarot.

Ke depan, ada tantangan yang harus dihadapi oleh eksekutif dan legislatif di Kabupaten Sintang. Beban Pemerintah Kabupaten dan tantangan DPRD Kabupaten Sintang harus bisa menyelenggarakan tiga fungsi utama, yakni menyelenggarakan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020 tentang Bedah APBD. Kedua, fungsi legislasi. Ketiga, tantangan mengadapi situasi ekonomi yang anjlok.

“Presiden menginstruksikan bedah APBD, dana yang tidak penting benar kita pangkas, kemudian kita letakkan ke dalam penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Sintang,” katanya.

Saat ini belum semua Perda mengatur, namun di sisi lain, tatanan omnibuslaw tengah digodok.

“Virus Covid-19 berdampak juga kepada ekonomic shock, rupiah anjlok, kapasitas fiskal negara terus terkuras, juga dana untuk melawan Corona juga besar, sehingga dibutuhkan improvisasi, inovasi, dan ide-ide cerdas dari Pemkab dan DPRD Sintang untuk mengalokasikan dana yang terbatas untuk masyarakat Kabupaten Sintang,” jelasnya. (prokopim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *