Kebutuhan APD RSUD Soedarso 15 pcs Per Hari

Kadinkes Kalbar, Harrison.

PONTIANAK, insidepontianak.com – RSUD Soedarso Pontianak membutuhkan sedikitnya 15 pcs Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga kesehatan yang menangani Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan pasien positif Corona di rumah sakit tersebut. Saat ini, ada empat orang PDP yang dirawat, dan satu pasien positif. Jumlahnya pun makin hari makin minim.

“Kemarin gubernur juga sudah mendapatkan 100 psc bantuan dari pengusaha. Baju cover all,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harrison, Senin (23/3/2020).

Bacaan Lainnya

Namun baju cover all tersebut belum termasuk kacamata baik yang full face atau tidak, tutup kepala, dan sepatu. Sedangkan dalam operasionalnya, alat-alat tersebut dibutuhkan. Baju cover all itu hanya bisa sekali pakai, tidak seperti perangkat perlindungan diri lainnya.

“Hari ini kita dapat bantuan dari Kemenkes APD lengkap 20 pcs, dari kepala sampai kaki. APD tidak lengkap google dan sepatu ada 50 pcs, baju 2.000, masker bedah 5.000 pcs,” katanya.

Semua APD itu sudah disebar ke rumah sakit rujukan di Kalbar.

“Kita juga berusaha mendapatkan (bantuan) dari pihak swasta,” katanya.

Saat ini, sudah tiga kabupaten kota di Kalbar yang sudah menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB). Ketiganya adalah Pontianak, Singkawang, dan Kapuas Hulu. Sedang Pemprov Kalbar sendiri sudah menetapkan status KLB sejak seminggu lalu.

“Dalam waktu dekat beberapa kabupaten akan menetapkan KLB. Sebaiknya semuanya segera menetapkan KLB karena gubernur sudah melakukan, sebaiknya juga melakukan agar penanganan lebih serius,” tutupnya. (balasa)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *