Dampak Covid-19, Bisnis Rental Mobil di Pontianak Rugi Puluhan Juta

Unit mobil rental milik Vandika. (Andi/Insidepontianak.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Sejak merebaknya pendemi virus corona atau Covid-19, pelaku usaha rental mobil di Kota Pontianak mulai menjerit. Mereka mengalami penurunan omzet hingga puluhan juta rupiah akibat pembatasan aktivitas masyarakat di luar rumah.

“Kita prediksi pada maret ini turun mencapai 70 persen, dengan kerugian sekitar Rp40 juta,” kata Vandika, pemilik rental mobil Feeven Ren Car Pontianak kepada Insidepontianak.com, Selasa (24/3/2020).

Bacaan Lainnya

Vandika bukan orang baru dalam usaha jasa transportasi rental mobil. Sudah 11 tahun ia melakoni bisnis tersebut, yang berlokasi di Jalan Paris II, Gang Mitra, Kecamatan Pontianak Tenggara.

Di sana ada sembilan jenis mobil yang disediakan untuk disewakan. Harganya pun bervariatif berkisar Rp300 hingga Rp500 ribu per hari tergantung jenis mobil.

Setiap bulannya, mobil dirental Vendika selalu laris disewa pelanggan, dengan omzet 50 hingga 60 juta rupiah per bulannya. Namun, kondisi tersebut berubah drastis, pasca virus Corona merebak. Hingga 24 Maret 2020, Vandika mengaku, baru sekitar 10 hari mobil direntalnya disewa pelanggan.
“Itu pun orang-orang yang benar-benar butuh,” jelasnya.

Sementara, para tamu yang biasanya menyewa untuk keperluan luar kota, di Kalimantan Barat mengurungkan niat bepergian. Terlebih, sudah ada larangan gubernur dan wali kota untuk sementara waktu melakukan social distancing.

” Jadi mau diapakan, inikan wabah global, jadi kita harus memaklumi keadaan ini,” ungkap dia.

Kendati demikian, kondisi tersebut mau tak mau berpengaruh pada usahanya. Terlebih sebagian besar mobil di rental tersebut merupakan mobil kredit. Beruntungnya, penangguhan kredit dapat direstui pihak leasing.

“Alhamdulilah untuk sementara dari pihak leasing sudah bisa diajukan,” tuturnya.

Dirinya berharap, pendemi virus Corona dapat segera berakhir, sehingga usahanya kembali lancar. (andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *