Dua Kades di Kubu Raya Dinonaktifkan Gara-gara Pakai Narkoba

Ilustrasi narkoba. (net)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Seorang kepala desa di Kecamatan Kubu dan seorang kepala desa di Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya dinonaktifkan sementara. Keduanya disanksi karena terbukti sebagai pemakai narkoba.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kubu Raya, M Zaini menyebutkan, keduanya diketahui sebagai pemakai pasca terjaring razia oleh aparat penegak hukum belum lama ini.

Bacaan Lainnya

“Dinonaktifkan sudah lama. Mereka terjaring razia berbeda waktunya,” kata Zaini dikonfirmasi lewat telepon, Selasa (24/3/2020).

Menurutnya, sejak satu pekan pasca kedua kades tersebut terjaring razia, surat pemeriksaan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) pun diterima.

“Setelah suratnya dari BNN keluar, kami langsung nonaktifkan sementara keduanya,” ujarnya.

Penonaktifan sementara terhadap dua kades itu kata Zaini, atas pertimbangan keduanya hanya terlibat sebagai pemakai saja.

“Mereka tidak dinonaktifkan permanen, karena kan hanya pemakai. Sehingga mereka dikategorikan sebagai korban,” katanya.

Kemudian pertimbangan lainnya, kedua kades tersebut direhabilitasi oleh BNN, di bawah enam bulan. “Kecuali mereka itu rehab-nya sampai enam bulan ke atas, maka bisa disanksi pemecatan,” ucapnya.

Terhadap dua desa tersebut, Zaini menyebutkan, bupati sudah menunjuk pelaksana tugas untuk mengisi jabatan kepala desa sementara. (abdul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *