16 Ribu Alat Rapid Test Bantuan Kadin Disebar untuk Pemda dan RS di Kalbar

Ilustrasi sampel Covid-19. (Net)
banner 468x60

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kamar Dagang Industri (Kadin) Kalimantan Barat menyiapkan 16 ribu alat rapid test, guna penanggulangan pandemi virus Corona atau Covid-19 di Kalimantan Barat.

“Kita telah pesan 6 ribu plus 10 ribu. Jadi total 16 ribu repid test,” kata Wakil Ketua Kadin Kalbar, Hengki kepada wartawan, kemarin.

Bacaan Lainnya

Nantinya, barang tersebut akan dibagikan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) dan rumah sakit di Kalbar agar penanganan virus Corona lebih makasimal. Terlebih rapid test dipercaya memiliki akurasi 80 hingga 85 persen. “Sehingga lebih kuat dari pada kita hanya menerka-nerka,” jelasnya.

Dengan hasil rapid test tersebut, tentunya dapat menjadi modal petugas medis mengambil langkah-langkah penanganan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

“Yang positif diambil langkah kemana, begitu juga yang negatif. Sehingga penanganan lebih intensif,” ungkapnya.

Hingga kini, pihaknya masih menunggu kedatangan alat rapid tes yang telah dipesan.  “Mudah-mudahan akhir minggu ini sudah ada,” harapnya.

Di samping menyiapkan rapid test, Kadin juga terus membantu Pemda dalam pemenuhan Alat Pelindung Diri (APD) khususnya untuk tenaga medis di Kalbar.

“Kasihaan kalau sampai APD kurang. Kita banyak baca di media sosial maupun berita di TV bahwa dokter yang meningggal sudah delapan, belum lagi perawat. Sebagian besar mereka kekurangan APD,” terangnya.

Untuk itulah, pengusaha Kalbar yang tergabung dalam Kadin tersebut juga turut membantu pemerintah melengkapi APD tenaga medis, baik kacamata dan N95, baju  hazmat, sarung tangan dan hand sanitizer.

“Tujanya agar mereka terlindungi,” pungkasnya. (andi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *