Damkar Swadesi Borneo Sterilisasi Posko Jurnalis Peliput Covid-19 di Kedai Opini

Persiapan penyemprotan disinfektan di Posko Jurnalis Peliput Covid-19 Kedai Opini. (Ist)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Relawan Damkar Swadesi Borneo melakukan pensterilan Posko Jurnalis Peliput Covid 19 di Kedai Opini, Jalan Putri Daranante, Kota Pontianak, Jumat (27/3/2020). Ini merupakan kepedulian Damkar Swadesi Borneo terhadap keselamatan para jurnalis yang meliput Covid-19.

Relawan damkar menyemprotkan disinfektan ke seluruh bagian kedai guna membunuh bakteri, serta virus yang memungkin ada di lokasi.

Bacaan Lainnya

Relawan Damkar Swadesi Borneo, Deri menyampaikan, bahwa jurnalis merupakan profesi yang cukup rentan terhadap penularan virus Corona.

Karena jurnalis selalu berada di lapangan untuk mendapatkan data dan fakta yang benar, untuk disajikan ke masyarakat dalam bentuk berita.

Oleh sebab itu, ia tidak ingin para jurnalis yang sudah berjasa memberikan informasi kepada masyarakat ikut tertular.

“Kita tidak ingin, teman-teman wartawan atau jurnalis yang melakukan peliputan diapangan ini, karena memegang sesuatu di lapangan kemudian tertular virus ini, kita tidak berharap demikian, jadi kita melakukan pensterilan ini, dan berharap Posko Jurnalis bersih dari Covid 19,” harapnya.

Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kalbar, Uun Yuniar mengapresiasi pensterilan yang dilakukan oleh relawan damkar Swadesi Borneo.

“Resiko peliputan terdahap Covid 19 ini snagat tinggi, oleh sebab itu dilakukan pensterilan di Posko ini, dengan penyemprotan disinfektan, agar para teman-teman jurnalis yang melakukan peliputan virus Corona ini bisa terjaga kesehatannya,” yuturnya.

Ia menyatakan, bahwa di Posko Jurnalis yang ini memiliki prosedur pencegahan Covid-19.

Setiap jurnalis yang datang dari mana pun, baik dari tugas peliputan maupun tugas lainnya wajib melakukan pembersihan diri sebelum masuk ke dalam posko.

“Mencuci tangan menggunakan sabun, lalu menggunakan hand sanitizer,” katanya.

Saat ini, pihaknya pun akan membuat bilik disinfektan guna lebih mengefektifkan sterilisasi setiap jurnalis yang akan masuk ke posko peliputan. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *