Polisi Ungkap Penyelundupan 3.274 Butir Telur Penyu dari Kepri di Pelabuhan TPI Pontianak

TELUR - Barang bukti telur penyu yang berhasil disita Polda Kalbar, Rabu (25/3/2020). (ISTIMEWA)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Direktorat Polairud Polda Kalbar berhasil menggagalkan penyelundupan 3.274 butir telur penyu, di Pelabuhan Speed Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pontianak, Rabu (25/3/2020)..

Direktur Polairud Polda Kalbar, Kombes Pol Benyamin Sapta melalui Kasubdit Gakkum AKBP Jamhury mengungkapkan, telur penyu tersebut dikirim dari Kepulauan Riau.

Bacaan Lainnya

“3.274 butir telur penyu dari Kepulauan Riau dengan tujuan Pontianak, ini dibawa menggunakan Kapal Sabuk Nusantara 39,” ujar Jamhury, Jumat (27/3/2020).

Pengungkapan penyelundupan telur penyu tersebut, berawal dari informasi PSDKP Pontianak. Informasi itu menyebutkan bahwa ada dugaan pengiriman telur penyu dari Kepualan Riau ke Pontianak. Informasi itu kemudian ditindaklanjuti. Tim 1 Siintelair Ditpolairud bersama Polisi khusus (Polsus) Kelautan Stasiun PSDKP Pontianak segera menyelidiki.

Rabu kemarin, sekitar pukul 10.00 WIB di Pangkalan Speed TPI Pontianak Barat, tim berhasil mengamankan seorang pria inisial S.

Dia diamankan, karena tertangkap tangan membawa sembilan kardus yang isinya adalah telur penyu. Hasil pemeriksaan, pria 69 tahun itu, tak mengantongi dokumen perizinan. Karena itu dia pun segera diamankan.

Dengan barang bukti itu, si pembawa telur penyu tersebut, kini telah menjadi tersangka. Pelaku dijerat Pasal 40 Ayat 2,  juntho Pasal 21 Ayat 2, Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990, tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

“Terhadap tersangka, kita masih lakukan pemeriksaan dan pengembangan,” katanya.

Terhadap hasil pengungkapan penyelundupan 3.274 butir telur penyu itu, Jumhury mengatakan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan BKSDA Kalbar untuk langkah selanjutnya. (abdul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *