Ratusan Ribu Alat Tes Disebar ke Seluruh Indonesia untuk Temukan Kasus Positif Corona

Juru Bicara Pemerintah Penanggulangan Covid-19 atau Corona, Achmad Yurianto

JAKARTA, insidepontianak – Juru Bicara Pemerintah Penanggulangan Covid-19 atau Corona, Achmad Yurianto mengatakan pemerintah telah menerjunkan lima ribu petugas kesehatan untuk melakukan penelusuran epidemiologi virus Corona.

“Melibatkan lebih dari lima ribu petugas kesehatan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat untuk melangsungkan penyelidikan epidemiologi,” ungkap Achmad Yurianto dilansir dari merdeka.com melalui konferensi pers videonya, Rabu (1/4/2020).

Bacaan Lainnya

Yurianto juga menyebut pihaknya telah mendistribusikan 475 ribu lebih kit test untuk rapid test Covid-19 ke seluruh Indonesia.

“Untuk digunakan sebagai screening awal dalam kaitan untuk penanganan untuk menemukan kasus positif di dalam rangka untuk memutus rantai penularannya,” papar Achmad Yurianto.

Ia menyebutkan, telah ada lebih dari 6.500 spesimen sempel yang dikirim ke 34 laboratorium di seluruh Indonesia.

“Dan ini akan terus kita lakukan,” tegasnya.

Yurianto mengaku pihaknya ke depan akan lebih agresif untuk menemukan kasus positif baru. Untuk kemudian mengisolasikannya guna memutus mata rantai penyebaran.

Dia juga mengatakan bahwa lebih dari 349 ribu APD telah didistribusikan ke seluruh Indonesia. Pihaknya berkomitmen akan terus melakukan hal itu demi memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan selaku garda terdepan dalam perang melawan virus ini.

“360 rumah sakit rujukan telah disiapkan, baik itu rumah sakit pemerintah, rumah sakit TNI/Polri, rumah sakit BUMN maupun rumah sakit biasa,” pungkasnya. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *