Kubu Raya Perkuat Penanganan Covid-19

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendra. (JAKA ISWARA)

KUBU RAYA, insidepontianak.com – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggelar rapat koordinasi (Rakor) Gugus Tugas penanganan Covid-19 bersama instansi dan institusi terkait di Halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Kamis (2/4/2020). Rakor tersebut dilaksanakan guna memperkuat, mempercepat, dan memaksimalkan penanganan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kubu Raya.

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan sabagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kubu Raya sejak beberapa waktu lalu, dengan langkah koordinatif yang baik.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah mengambil langkah-langkah kebijakan untuk sementara dan menunggu perkembangannya,” kata Muda Mahendrawan.

Berbagai hal antisipasi penyebaran Covid-19 sudah dilakukan, seperti libur sekolah, bekerja dari rumah, membatasi kegiatan yang dapat menyebabkan berkumpulnya masyarakat, hingga menutup sementara tempat-tempat usaha yang menjadi titik kumpul masyarakat, seperti kafe, warung kopi, rumah makan, tempat hiburan, tempat wisata dan tempat-tempat lainnya.

“Ini sebagai upaya kami untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini,” kata Muda.

Langkah-langkah ini dilakukan secara terintegrasi bersama dengan jajaran Polres Kubu Raya, Kodim, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa dan melibatkan tenaga medis.

“Ini merupakan langkah-langkah antisipatif, kami berupaya menghindari dan mencegah penyebaran Covid-19. Masyarakat harus mencegah dan menghindari titik kumpul atau kerumunan serta menjaga jarak, dan lebih banyak diam di rumah atau di lingkungan yang lebih aman,” terangnya.

Dalam penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 ini, diperlukan langkah dan upaya cepat dan tepat untuk melakukan survailen terhadap orang-orang yang perlu diawasi dan dideteksi.

“Untuk langkah-langkah berikutnya perlu kita sepakati bersama terutama durasi waktunya, nanti kita klaster lagi seperti apa langkah berikutnya. Karena ini berkaitan dengan sosial ekonomi masyarakat,” kata Muda.

Muda juga mengapresiasi TNI dan Polri yang secara aktif melakukan penyemprotan disinfektan. Begitu pula dengan Pemerintahan Desa yang secara spontan menggerakkan masyarakat untuk disinfeksi.

“Semua elemen masyarakat bergerak melakukan pencegahan, bahkan ibu-ibu di berbagai desa di Kubu Raya ikut berpartisipasi melakukan pencegahan dengan membuat masker dari bahan kain,” kata dia.

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terus melakukan langkah dan upaya pencegahan Covid-19 dengan menyesuaikan kebijakan dan regulasi dari pemerintahan pusat agar tidak tumpang tindih. (jek)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *