Polri Tindak 70 Kasus Hoaks Corona di Indonesia

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Komisaris Besar Polisi Asep Adi Saputra. (IST)

JAKARTA, insidepontianak.com – Kasus penyebaran berita bohong atau hoaks terkait virus Corona atau Covid-19 di Indonesia bertambah. Sebelumnya, kasus hoaks yang ditangani Polri sebanyak 63 kasus.

Namun, hingga Kamis (2/4/2020), ada penambahan sebanyak 7 kasus. Dengan demikian total ada 70 kasus hoaks di Tanah Air yang ditangani Korps Bhayangkara.

Bacaan Lainnya

“Sampai hari ini jumlahnya ada 70 kasus,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Komisaris Besar Polisi Asep Adi Saputra, dilansir dari vivanews.com di Kantor Divisi Humas Polri, Jakarta Selatan, Kamis (2/4/2020).

Dia merinci, kasus terbanyak terjadi di Jawa Timur. Kedua ada di wilayah Hukum Polda Metro Jaya. Polri akan terus melakukan patroli siber untuk mencegah beredarnya berita-berita hoax di media sosial yang meresahkan dan menindak tegas siapa pun yang menyebarkan.

Masyarakat diminta bisa memilah informasi yang beredar. Apabila masyarakat memerlukan informasi terkait virus corona atau covid-19 diharapkan bisa mengakses situs resmi pemerintah atau mendapatkannya dari media massa yang kredibel. Asep mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menyebar berita atau informasi yang belum tentu kebenarannya.

“Kalau kita lihat pertama Jawa Timur 11 (kasus), Polda Metro Jaya 10 (kasus), ketiga ada beberapa Polda dan Bareskrim, di antaranya Bareskrim, Jawa Barat, Lampung menangani kasus 5 (kasus),” kata dia.(**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *