Kemenag Kalbar Tunda Pendaftaran Nikah Cegah Covid-19

Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Kalimantan Barat, Ridwansyah. (Net)
banner 468x60

PONTIANAK, insidepontianak.com – Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Kalimantan Barat, Ridwansyah menyebutkan, per 1 April 2020, pendaftaran nikah sementara waktu ditutup.

Kebijakan tersebut dikeluarkan oleh Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, mengingat pandemi Corona yang terus meningkat di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Sehingga semua pihak sementara waktu diminta disiplin melakukan social distancing dan physical distancing untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Untuk sementara waktu, karena kita menghadapi darurat Covid-19, diharapkan supaya masyarakat memahami bagaimana kita membatasi penyebaran virus Corona ini kan, dengan social distencing. Sehingga kita hanya melayani yang sudah mendaftar sebelum tanggal 1 April 2020,” kata Kakanwil Kemenag Kalbar, Ridwansyah, Kamis (9/4/2020).

Dengan kebijakan itu, sementara waktu Kemenag melalui Kantor Urusan Agama (KUA) di semua kecamatan, saat ini hanya menikahkan orang yang sebelum tanggal 1 April sudah mendaftar.

“Intinya, kita selesaikan itu yang sudah mendaftar sebelum 1 April. Itupun harus dilaksanakan di kantor KUA, dengan protokol yang sudah ditetapkan,” ucapnya.

Kebijakan penutupan pendaftaran pernikahan tersebut ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

“Kita tidak menetapkan waktu. Tetapi mungkin sesuai arahan itu, sesuai kondisi jika dinyatakan aman oleh pemerintah, maka pendaftaran nikah akan dibuka kembali,” tutupnya. (abdul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *